Kamis, 26 Apr 2018
radarsemarang
icon featured
Sportainment

Stadion Bhumi Phala Habiskan Rp 7,5 Miliar

Sabtu, 06 Jan 2018 10:00 | editor : Pratono

PERTANDINGAN PERDANA: Stadion Bhumi Phala Temanggung sudah bisa digunakan untuk pertandingan sepakbola setelah dilakukan renovasi besar-besaran yang menghabiskan dana Rp 7,5 miliar.

PERTANDINGAN PERDANA: Stadion Bhumi Phala Temanggung sudah bisa digunakan untuk pertandingan sepakbola setelah dilakukan renovasi besar-besaran yang menghabiskan dana Rp 7,5 miliar. (Ahsan Fauzi/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.ID-Renovasi Stadion Bhumi Phala menelan dana senilai Rp 7,5 miliar. Pembangunan berlangsung pada 2017, meliputi dua kegiatan. Yakni, pembangunan kawasan olahraga terpadu dan tribun timur. Anggaran berasal dari APBD Provinsi Jateng, sebesar Rp 6,7 miliar.

"Penyempurnaan tribun barat, sumber biaya dari APBD Kabupaten Temanggung, Rp 879,2 juta," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Darmadi, saat mendampingi Bupati Bambang Sukarno meresmikan stadion tersebut, Jumat (5/1/2018).

Kata Darmadi, pembangunan tribun sisi timur, mampu menambah daya tampung penonton. Dari semula sekitar 3.000 orang, kini bisa mencapai 5.000 orang. Sedangkan rumput di Stadion Bhumi Phala, menurut teknisi ahlinya, diklaim setara dengan rumput yang ditanam di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Dikatakan, konsekuensi perawatan rumput stadion—terutama dari sisi penggunaan untuk sepak bola berturut-turut—maksimal empat kali pertandingan. Setelah itu, harus ada jeda istirahat untuk perawatan rumput, minimal dua hari. "Lapangan stadion ini khusus untuk sepak bola, ini yang perlu diketahui masyarakat.”

Bupati Bambang Sukarno usai meresmikan pemanfaatan Stadion Bhumi Phala, meminta stadion tersebut mampu meningkatkan prestasi olahraga di Temanggung. "Stadion juga dilengkapi mess atlet. Maka itu, saya serahkan kepada seluruh pecinta olahraga pemanfaatan stadion ini, agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dan prestasi atlet meningkat.”

Dikatakan, fasilitas yang ada di stadion, diusahakan untuk terus ditambah. Sehingga semakin lengkap. Menandai peresmian, Bupati Bambang melakukan tendangan pertama pertandingan sepak bola persahabatan tiga tim. Yakni, Askab, Polres, dan PGRI Temanggung. Bupati juga menandatangani prasasti.

(sm/san/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia