Sabtu, 20 Jan 2018
radarsemarang
icon featured
Sportainment

Perlintasan Arus Suporter PSIS Diketati

Kamis, 04 Jan 2018 10:00 | editor : Pratono

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.ID--Ribuan suporter PSIS dan Arema Malang akan hadir pada pertandingan di Stadion Moch Soebroto, Minggu (7/1/2018) mendatang. PSIS menjamu tamunya di Kota Magelang, menyusul telah disepakatinya Stadion Moch Soebroto sebagai homebase tim berjuluk Mahesa Jenar selama musim Liga 1 Indonesia.

Terkait pengamanan suporter, Jawa Pos Radar Kedu mengkonfirmasi Kepala Polres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan, Rabu (3/1/2018) kemarin. Kepada Radar Kedu, AKBP Kris—sapaan intimnya—mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan jumlah personel keamanan yang akan diterjunkan dalam pertandingan tersebut.

Alasannya, Polres baru menerima surat pemberitahuan dan surat permohonan izin. “Kami baru menerima surat tersebut. Kami belum ketemu dan berkoordinasi dengan panitia pelaksana (panpel). Jadi, kami belum bisa memberi kepastian,” kata Kris.

Meski begitu, Kris sudah mempunyai gambaran karena dalam suratnya, manajemen PSIS menyebut bahwa jumlah suporter yang datang, sekitar 6.000 orang. Terdiri atas 4.000 Panser Biru dan 2.000 Snex. “Tidak menutup kemungkinan, jumlah tersebut bisa bertambah. Akan kita antisipasi,” kata Kris.

Dengan data tersebut, Polres Magelang Kota sudah memperkirakan personel yang akan disiapkan sekitar ratusan personel. Terdiri atas personel Polri dan TNI. “Kemungkinan juga ada BKO dari Polres tetangga seperti Purworejo, Polres Magelang, Polres Temanggung dan wilayah lainnya. Gambaran awal ada 10 peleton kita terjunkan. Juga ada satu lainnya yang terdiri atas 30 personel.”

Selain menempatkan personel keamanan di kawasan stadion, kata Kris, pihaknya juga akan menempatkan aparat di sepanjang titik perlintasan kedatangan suporter. Juga objek-objek vital di Kota Magelang. “Mungkin nanti kami akan berkoordinasi dengan Polres tetangga sejak awal masuk kedatangan suporter di perbatasan Kota Magelang. Kita tempatkan juga di sana personel.”

Kris mengimbau masyarakat untuk menjaga suasana agar tetap kondusif, sehingga jalannya pertandingan berlangsung aman dan tertib. “Kami juga imbau kepada suporter yang menyaksikan pertandingan, agar bisa tertib dan tidak membuat kericuhan. Mari bersama-sama menjaga suasana.”

(sm/cr3/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia