Jumat, 15 Dec 2017
radarsemarang
icon featured
Ekonomi

Inflasi November Lebih Rendah dari Tahun Lalu

Senin, 04 Dec 2017 15:40 | editor : Ida Nor Layla

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Margo Yuwono

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Margo Yuwono (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID-SEMARANG. Jawa Tengah pada bulan November mengalami inflasi 0,29 persen. Inflasi tersebut lebih rendah bila dibanding pada periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 0,56 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Margo Yuwono mengatakan, inflasi Jawa Tengah bulan November memang lebih besar dari rata-rata inflasi nasional yang sebesar 0,20 persen. “Tapi tidak perlu khawatir, karena trennya masih jauh lebih rendah bila dibanding inflasi Jateng pada bulan November tahun lalu,” ujarnya pada Senin (4/12/2017).

Inflasi di bulan November lalu ini, sebagian besar disebabkan oleh naiknya harga bawang merah, cabai merah, telur ayam ras dan beras. Kelompok bahan makanan ini menyumbang inflasi November hingga 0,96 persen. “Bawang merah menjadi pendorong utama terjadinya inflasi di lima kota dari enam kota yang diambil sebagai pengukuran inflasi,”ujarnya.

Setelah kelompok bahan makanan, penyumbang inflasi diikuti oleh kelompok kesehatan sebesar 0,51 persen; kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,17 persen; kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,11 persen; kelompok sandang sebesar 0,10 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,04 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,01 persen.

(sm/dna/ida/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia