Sabtu, 16 Dec 2017
radarsemarang
icon featured
Metro Pekalongan

Inovasi Unik, Zebra Cross Bergambar Batik

Senin, 04 Dec 2017 15:32 | editor : Ida Nor Layla

Zebra cross di Kota Pekalongan kini dihiasi mural batik untuk lebih menarik pengendara. Salah satu titik zebra cross ada di Alun-alun Kota Pekalongan

UNIK : Zebra cross di Kota Pekalongan kini dihiasi mural batik untuk lebih menarik pengendara. Salah satu titik zebra cross ada di Alun-alun Kota Pekalongan saat digambar. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID-PEKALONGAN.  Untuk menarik perhatian pengendara di jalanan Kota Pekalongan, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pekalongan Kota membuat inovasi unik, yaitu dengan membuat zebra cross bermotif batik Khas Pekalongan.

"Kami beri nama aksi ini 'Wisata Zebra Cross’. Inovasi ini kami lakukan untuk menggugah kesadaran bagi penyebrang jalan pentingnya menyeberang jalan di zebra cross," ucap Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Ferry Sandi Sitepu, Minggu (3/12/2017).

Dari pantauan Jawa Pos Radar Semarang, tempat penyeberangan jalan bagi pejalan kaki ini dilukis dengan warna yang mencolok. Gambar yang dipilih yaitu motif batik khas yang ada di Kota Pekalongan. Seperti Jlamprang, Mega Mendung, Buketan, dan beberapa motif batik khas lainnya.

Namun, sesuai standar garis khas zebra cross, warna hitam putih masih melekat. Motif gambar batik di gambar di sebelahnya. Beberapa lokasi yang sudah mulai digambarkan antara lain di sekitar Alun-alun Pekalongan, persimpangan Kadipolo, depan stasiun KA, Jalan Diponegoro, beberapa lokasi di Jalan Dr Setono dan Jalan Jenderal Sudirman.

Ditambahkan Kapolres, mural batik zebra cross ini nantinya akan menghiasi semua jalur utama jalanan Kota Pekalongan, yang memang terkenal sebagai kota batik dan kota kreatif dunia. "Rencananya juga akan diresmikan langsung oleh Kapolda Jawa Tengah pada pertengahan bulan Desember nanti," ungkap Kapolres.

Ditambahkan Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Rachmawati, wisata zebra cross tersebut sebagai bentuk inovasi Sat Lantas Polres Pekalongan Kota untuk mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan penyeberang jalan.

Menurutnya, tujuan yang paling utama adalah untuk mendorong pengendara kendaraan bermotor memberikan prioritas utama bagi penyeberang jalan dengan berhenti di belakang marka zebra cross. Dia berharap, nantinya bisa menjadi sedikit hiburan bagi pengendara yang berhenti.

“Dengan lukisan motif batik yang menonjolkan warna cerah tersebut diharapkan pengguna kendaraan bisa terefleksi pengelihatannya. Minimal akan penasaran, sehingga mengurangi kecepatan saat sebelum melintasi zebra cross ini,” ujarnya.

Pengerjaan juga akan dilakukan secara bertahap. Setelah selesai di beberapa titik, akan dilanjutkan lagi pada Senin (4/12/2017). Nantinya akan ada 10 titik Zebra Batik.

“Cat nya khusus, karena kalau malam kena sorot lampu kendaraan juga bisa terlihat. Sebab cat yang digunakan sesuai standar yang ada. Sesuai produsennya, awet selama 4 tahun,” kata Kasatlantas perempuan pertama di Pantura ini. 

(sm/naf/ida/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia