Senin, 20 Nov 2017
radarsemarang
icon featured
Berita Daerah

Ulang Tahun, SMP Empu Tantular Gelar Pengajian

Minggu, 22 Oct 2017 04:57 | editor : Arif Riyanto

RELIGIUS: Pengajian yang digelar untuk memperingati ulang tahun ke-35 SMP Empu Tantular Semarang.

RELIGIUS: Pengajian yang digelar untuk memperingati ulang tahun ke-35 SMP Empu Tantular Semarang. (ESTIKA WIDA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Perayaan hari ulang tahun umumnya dirayakan secara besar-besaran dan meriah, terlebih lagi acara ulang tahun sekolah. Pihak sekolah akan mengadakan sejumlah acara untuk merayakan hari ulang tahun. Namun berbeda dengan SMP Empu Tantular. Sekolah yang berulang tahun ke-35 pada 27 Oktober mendatang ini memilih menggelar acara berbeda.

“Ini adalah perayaan ulang tahun yang ke-35. Sebenarnya ini kali kedua kita merayakan ulang tahun, namun yang pertama itu sudah lama sekali dirayakan. Kali ini, kita memilih untuk merayakannya dengan mengadakan acara pengajian,” ujar Kepala SMP Empu Tantular, Win Yunarwi kepada Jawa Pos Radar Semarang.

 Dikatakan, alasan memilih mengadakan acara tausiyah untuk membentuk akhlak dan karakter siswa.

TUMPENG ULANG TAHUN: Kepala SMP Empu Tantular, Win Yunarwi, menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Yayasan Wiyatatama, Alamsyah Juniardi.

TUMPENG ULANG TAHUN: Kepala SMP Empu Tantular, Win Yunarwi, menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Yayasan Wiyatatama, Alamsyah Juniardi. (ESTIKA WIDA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

“Karena kami adalah sekolah nasional, jadi tidak melupakan pendidikan agama. Untuk tahun ini kami sudah memasukkan pelajaran BTA (Baca Tulis Alquran) ke dalam pelajaran tambahan siswa kelas 7 dan 8. Karena itu, untuk melengkapi hal tersebut kami memilih untuk mengadakan pengajian ini dalam rangka akhlakul karimah dan membentuk karakter siswa,” jelasnya.

Untuk membentuk karakter tersebut, pihak sekolah memiliki strategi tersendiri, yakni dengan membagikan makanan di akhir acara.

“Jadi, kami dari pihak sekolah memang sengaja membagikan makanan setelah acara berlangsung. Hal itu dilakukan agar anak-anak benar mendengarkan dan memperhatikan jalannya acara tidak diselingi makan dan minum. Jadi, kami menciptakan karakter anak-anak untuk memperhatikan,” katanya.

Acara yang diadakan di halaman SMP Empu Tantular Jalan Palebon Raya ini berlangsung mulai pukul 07.30 sampai selesai. Sebelum masuk ke acara inti, dimeriahkan penampilan tim tari, kelompok kasidah dan rebana.  “Kami menampilkan tim tari, karena kami tidak ingin meninggalkan unsur budaya” ujarnya.

Dijelaskan, SMP Empu Tantular berdiri di bawah naungan Yayasan Wiyatatama. Yayasan yang berdiri sejak 1967 ini menaungi dua sekolah, yakni SMP Empu Tantular dan SMK Palebon Semarang. “Yayasan ini berdiri pada tahun 1967, waktu itu ada instruksi dari PGRI kalau yang bernaung di bawah PGRI harus ikut aturan main PGRI, dari pengurus-pengurus itu akhirnya mendirikan yayasan sendiri. Jadi, secara organisasi tidak ada kaitannya dengan PGRI,” jelas Ketua Yayasan Wiyatatama, Alamsyah Juniardi.

Sebagai ketua yayasan, Alamsyah berharap agar SMP Empu Tantular dan SMK Palebon Semarang dapat memenuhi apa yang diinginkan oleh masyarakat dalam bidang pendidikan. “Kami selaku lembaga baik SMP ataupun SMK bisa membaca kemauan masyarakat, karena kami bergerak di bidang pendidikan. Masyarakat Kota Semarang khususnya Semarang Timur itu menghendaki pendidikan yang seperti apa, jadi kami tidak ditinggalkan,” ujarnya.

Guna membuktikan kepada masyarakat dan memenuhi keinginan masyarakat, pihak SMP Empu Tantular memberikan pelajaran agama yang lebih mendalam kepada siswanya agar terciptanya karakter dan akhlakul karimah.

“Karena sering dipandang sebagai sekolah nasional dan sedikit memberikan pelajaran keagamaan, kami ingin mengubah pandangan itu. Jadi, kami memberikan pelajaran Baca Tulis Alquran dan ilmu-ilmu tentang salat, dan itu ke depannya agar kami dicintai oleh masyarakat dan dekat dengan masyarakat, sehingga animo mereka untuk masuk ke sini lebih besar,” jelas Win Yunarwi. (mg42)

(sm/aro/aro/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia