Kamis, 23 Nov 2017
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Aplikasi Gema Kebangsaan Putar Lagu Nasional 3 Kali Sehari

Kamis, 17 Aug 2017 16:35 | editor : Pratono

HORMAT BENDERA: Bupati Kendal, Mirna Annisa melakukan penghormatan bendera Sang Merah Putih pada upacara HUT ke72 RI di Alun-alun Kendal, Kamis (17/8/2017).

HORMAT BENDERA: Bupati Kendal, Mirna Annisa melakukan penghormatan bendera Sang Merah Putih pada upacara HUT ke72 RI di Alun-alun Kendal, Kamis (17/8/2017). (Budi Setyawan/Jawa Pos Radar Semarang)

KENDAL—Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, Bupati Kendal, Mirna Annisa membuat program untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Yakni dengan meluncurkan aplikasi Gema Kebangsaan.

Aplikasi berbasis Android ini berisikan lagu-lagu kebangsaan yang harus diputar dan diperdengarkan oleh petugas di balai desa atau kelurahan. Yakni pada pagi hari, siang dan malam hari.

Tidak hanya yang ada di perkotaan saja, tapi pelosok desa sekalipun bisa mendengarkan lagu wajib nasional setiap hari. “Jadi dengan aplikasi Gema Kebangsaan ini, salah satu upaya untuk mencegah perpecahan yang dilakukan oleh sekelompok oknum yang ingin memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya, Kamis (17/8/2017).

Pembuat aplikasi Gema Kebangsaan, Ardian Yuniarko berharap, aplikasi ini tidak hanya diterapkan di Kendal saja. Tapi bisa secara nasional di seluruh wilayah Indonesia. Ada tiga lagu dalam aplikasi terebut yang akan terputar secara otomatis setiap hari di telepon pintar. Yakni Indonesia Raya yang akan diputar setiap pukul 06.00 WIB, lagu Garuda Pancasila setiap pukul 13.08 WIB dan lagu Indonesia Pusaka pukul 21.00 WIB.

(sm/bud/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia