Rabu, 22 Nov 2017
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Sunindyo Gencarkan Jambanisasi

Senin, 14 Aug 2017 23:10 | editor : Pratono

TURUN LANGSUNG : Mayjen TNI (Purn) Sunindyo dan Agus S Winarto saat memberikan bantuan jambanisasi kepada warga di Kabupaten Kendal.

TURUN LANGSUNG : Mayjen TNI (Purn) Sunindyo dan Agus S Winarto saat memberikan bantuan jambanisasi kepada warga di Kabupaten Kendal. (Istimewa)

SEMARANG – Bakal calon wakil Gubernur (bacawagub) PDIP, Mayjen TNI (Purn) Sunindyo mulai bergerak memaparkan program konkretnya. Mantan Pangdam IV/Diponegoro ini menggencarkan jambanisasi guna memperbaiki sanitasi dan kualitas kesehatan masyarakat.

Tim sukses Sunindyo, Agus S Winarto mengatakan, jambanisasi menjadi salah satu program konkret yang akan dibawa 'Panglima Keroncong' tersebut untuk masyarakat. Dia mengatakan, masih banyak warga di Jateng yang belum memiliki jamban, sehingga sanitasi di wilayah tersebut kurang sehat.

Mengisolasi kotoran manusia di tempat yang tertutup dan layak menurutnya menjadi hal yang penting sebagai langkah pertama meningkatkan program kesehatan. "Konkretnya masyarakat yang belum memiliki jamban langsung diberikan bantuan semen, bata, kloset, sosialisasi dan edukasi untuk membuat jamban,” katanya. Menurut dia, biaya membuat jamban sangat murah, dan ini semestinya menjadi program nasional karena masih ada warga buang air besar sembarangan dan menularkan berbagai penyakit.

Agus mengatakan, hanya ada satu kabupaten di Indonesia dengan masyarakat yang sudah memiliki jamban secara menyeluruh, yakni di Sumbawa Barat. Program tersebut optimistis bisa direalisasikan, lantaran Sunindyo merupakan mantan Pangdam yang memiliki banyak jejaring hingga tingkat bawah.

"Jiwa prajuritnya masih mengakar di semua rekannya. Apalagi TNI, kalau mengerjakan gotong royong dengan warga, kedekatannya tidak perlu dipertanyakan. Sehingga saya yakin program konkret jambanisasi ini akan berhasil," tegasnya.

Sebagai sosok yang berniat maju Pilgub melalui PDIP, Agus mengakui Sunindyo juga sudah melalukan komunikasi yang baik dengan partai. Pihaknya akan lebih mengintensifkan diri kepada masyarakat untuk mendongkrak elektabilitas, meski sudah memiliki jejaring yang baik di Jateng.

(sm/ric/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia