Selasa, 21 Nov 2017
radarsemarang
icon featured
Kuliner
Kedai Es Krim Djadoel

Es Puter Rasa Durian Level 3 Jadi Favorit

Senin, 07 Aug 2017 12:50 | editor : Pratono

BANYAK VARIAN RASA : Es Puter Durian Level 1 dan 3.

BANYAK VARIAN RASA : Es Puter Durian Level 1 dan 3. (Afiati Tsalitsati/Jawa Pos Radar Semarang)

CUACA di Kota Semarang cukup panas. Tentu saja bisa menjadi alasan untuk menikmati es krim? Salah satu alternatifnya adalah Kedai Es Krim Djadoel di kawasan Jalan Puspanjolo Tengah nomor 15 Semarang Barat.

RASANYA PAS : FX Yoyok Susanto menunjukkan es krim hasil kreasinya di Kedai Es Krim Djadoel di kawasan Jalan Puspanjolo Tengah nomor 15 Semarang Barat.

RASANYA PAS : FX Yoyok Susanto menunjukkan es krim hasil kreasinya di Kedai Es Krim Djadoel di kawasan Jalan Puspanjolo Tengah nomor 15 Semarang Barat. (Afiati Tsalitsati/Jawa Pos Radar Semarang)

Ya, kedai ini menawarkan sejumlah pilihan es krim dengan berbagai macam rasa dan berbagai jenis penyajian. Unggulan dari kedai milik FX Yoyok Susanto ini adalah es puter dengan aneka ragam rasa buah.

Namun sebelum sempat menentukan pilihan es krim, saat kali pertama datang, akan disambut dengan keramahan Yoyok yang menanyai pilihan rasa favorit para pengunjungnya. Meski begitu, ia akan merekomendasikan sejumlah rasa es yang cocok bagi lidah dan selera pelanggannya.

“Dulu nggak ada pikiran sama sekali akan jualan es krim seperti sekarang. Kebetulan istri saya hobi masak dan coba-coba bikin makanan, sampai akhirnya mencoba bikin eskrim. Sudah sejak tahun lalu, kami percobaan," ungkapnya ramah ketika ditemui di kedainya, Jumat (4/8/2017).

Pilihan jualannya sangat cocok dengan suasana Perumahan Puspanjolo yang tidak terlalu ramai saat malam hari. Bahkan, sangat pas bila dipadukan dengan menikmati es krim di kedai es djadoel yang buka mulai pukul 16.30-22.00 malam.

Rasa es krimnya yang benar-benar bisa mengena di lidah ini, ternyata melalui proses yang panjang. Ia menceritakan sejak tahun lalu, kurang lebih 50 kali percobaan dalam pembuatan es krim hingga tercipta rasa-rasa yang ada saat ini seperti durian, cocktail, yoghurt, mangga, coklat, nanas, buah naga dan lainnya.

"Kami membuat es puter, sehingga kembang esnya masih ada. Terpenting, buahnya harus terasa. Karena itu, campuran hanya santan, bukan susu," katanya.

Kini tak hanya es krim, Yoyok akan menambah beberapa makanan utama sesuai permintaan para pelanggan. “Tapi es krim tetap sebagai kuliner utama dari kedai ini,” tandasnya.

Salah satu rasa es krim favorit di kedainya adalah es puter dengan rasa buah durian. Es puter ini dibagi menjadi tiga level, Jawa Pos Radar Semarang berkesempatan mencicipi level 1 dan 3 yang memiliki perbedaan mencolok.

"Memang sengaja saya bedakan. Biasanya, pelanggan saya tanyai dulu, mau yang level berapa, sambil saya jelaskan perbedaannya," tutur pria berkacamata ini.

Perbedaan es puter durian level 1 dan 3 terletak pada rasa dan toppingnya. Jika level 1, hanya dapat menikmati cita rasa durian yang tidak terlalu pekat di lidah. Namun di level 3, lidah anda akan dimanjakan dengan rasa durian yang kaya dalam setiap suapnya.

Bahkan jika beruntung, masih dapat menemukan daging utuh durian di dalam es puter. Terlebih lagi, Yoyok masih menambahkan potongan daging durian asli sebagai topping di atasnya. "Kalau yang level 1 memang porsi duriannya tidak terlalu banyak saat diolah. Tapi yang level 3, lebih banyak dan saya tambahin lagi durian aslinya. Dan banyak banget yang bilang, kalau rasanya pas, tidak eneg karena terlalu manis," bebernya.

Yoyok mengatakan, ke depan dirinya akan menambah area bagi planggan dan menambahkan beberapa jenis wedang seperti jahe, rempah, kacang hijau, untuk selingan ketika musim berganti.

(sm/tsa/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia