Kamis, 21 Sep 2017
radarsemarang
Ekonomi Bisnis

Batik Costum Diminati Pasar Luar Negeri

Senin, 07 Aug 2017 12:10 | editor : Pratono

EKSKLUSIF : Irma memamerkan salah satu desain kain batik tulis custom untuk pangsa pasar premium.

EKSKLUSIF : Irma memamerkan salah satu desain kain batik tulis custom untuk pangsa pasar premium. (Adennyar Wicaksono/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG - Modifikasi kain batik yang dilakukan Irma Susanti, 28, pada busana yang ia buat membuat produknya laris manis. Bahkan pesanan sampai dari luar negeri. Irma menyasar konsep batik costum dengan alasan agar lebih eksklusif ketika dipakai.

Pemilik produk fashion Identix Batik ini berusaha menempatkan batik sebagai identitas karakter pemakainya, dengan desain khusus atau custom yang dibuat dalam unit terbatas. "Saya hanya membuat satu desain untuk satu produk saja, tidak dicetak kembali," katanya Senin (7/8/2017).

Dari segi bahan, ia menggunakan kombinasi batik tulis dengan kain katun atau jenis lainnya. Produk bisa berupa kemeja, dress, kebaya sampai kain lilit. Menurutnya, batik tulis punya karakter yang kuat dibandingkan batik cap.

“Agar lebih mendunia sementara saya jual lewat e-commerce atau online. Banyak yang minat seperti dari Spanyol, Singapura, dan Tiongkok. Mereka suka batik custom ya karena karakternya itu," paparnya.

Irma juga membuat batik dengan karakter hewan ataupun tanaman, misalnya harimau, naga, kucing dan lainnya. Selain busana, lulusan Nangyang University Jurusan Art and Design ini juga tengah mengembangkan sektor bisnisnya, dari tas hingga kerudung yang juga menggunakan kain batik.

(sm/den/ton/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia