Selasa, 16 Jan 2018
radarsemarang
Ungaran

179 Warga Terima Bantuan Rp 5,3 M

Jumat, 12 May 2017 10:30

179 Warga Terima Bantuan Rp 5,3 M

BANTUAN: Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Agusni Gunawan (tengah) didampingi Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha (tiga dari kiri) saat menyerahkan simbolis bantuan, kemarin. (ISTIMEWA)

UNGARAN – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali mengucurkan bantuan untuk 179 warga dari 8 desa di Kecamatan Bringin dan Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang.

Bantuan tersebut merupakan stimulan Perumahan Swadaya Pembangunan Baru (BSPS PB). Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kasubid Pendataan dan Verifikasi Direktorat Rumah Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Agusni Gunawan kepada masyarakat di dua kecamatan tersebut.

Dimana setiap warga mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 30 juta yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing. “Kabupaten Semarang menjadi salah satu dari lima kabupaten/kota yang mendapat alokasi BSPS PB lebih dari seratus unit rumah,” ujar Agusni saat menyerahkan bantuan di aula Kantor Desa Sendang, Bringin, Kamis (11/5).

Jumlah lebih dari seratus unit rumah tersebut dikarenakan kinerja pelaksanaan program BSPS tahun sebelumnya berjalan baik dan ada komitmen dari pemerintah daerah untuk menganggarkan bantuan serupa.

Agusni menerangkan, secara nasional alokasi program BSPS PB 2017 ini sebanyak 2.000 unit rumah di 17 kabupaten/kota. Ada lima daerah yang mendapat alokasi lebih dari 100 unit karena dinilai memiliki kinerja bagus dalam pelaksanaan program BSPS tahun sebelumnya. Diantaranya Kabupaten Semarang, Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Garut Jawa Barat.

Sementara itu, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha yang juga hadir pada kesempatan itu mengatakan, program dari kementerian sejalan dengan kebijakan Pemkab Semarang yang juga memprioritaskan perbaikan rumah tidak layak huni.

Dipaparkan masih ada sekitar 39.900 rumah tidak layak huni yang harus diperbaiki. Setiap tahun ditargetkan perbaikan 2.000 rumah dengan dana dari pemerintah pusat dan provinsi maupun dari APBD Kabupaten Semarang.

“Saya berharap para kepala desa untuk ikut serta mengawasi pembangunan rumah swadaya ini. Kalau bisa sebelum Lebaran tahun ini, rumah sudah jadi,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebanyak 129 unit rumah yang akan dibangun tersebar di lima desa di Kecamatan Bringin. Seperti Desa Sendang 24 unit, Rembes 30 unit, Kalikurmo 25 unit, Kalijambe 25 unit dan Tempuran 25 unit. Sedangkan untuk Kecamatan Sumowono alokasi bantuan yang diberikan ada di Desa Candigaron 20 unit, Lanjan 15 unit dan Ngadikerso 15 unit.

“Sedangkan usulan untuk pembangunan rumah di Desa Banding sebanyak 20 unit saat ini masih dalam proses persetujuan Kementerian PUPR. Harapannya, dapat terlaksana tahun ini juga,” ujarnya. (ewb/zal)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia