Kamis, 18 Jan 2018
radarsemarang
Kendal

Baznas Kendal Luncurkan NPWZ

Sabtu, 06 May 2017 06:10

Baznas Kendal Luncurkan NPWZ

LAUNCHING : Contoh NPWZ yang diterbitkan oleh Baznas Kendal. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL—Guna memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berzakat,  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kendal meluncurkan kartu Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ). Untuk tahap awal, NPWZ ini diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kendal.

Ketua Baznaz Kendal Mochammad Ubaidilah mengatakan bahwa NPWZ ini bertujuan mempermudah para muzaki atau orang yang wajib zakat untuk membayarkan zakat, infak dan sedekah. Dengan kartu NPWZ ini, para muzaki dapat dengan mudah memperoleh informasi dan laporan dari Baznas Kendal.

“Tidak ada batasan usia untuk mendapatkan NPWZ ini. Anak-anak pun bisa memperolehnya. Justru menjadi sarana pembelajaran bagi anak-anak remaja yang berusia di bawah umur untuk mengetahui hukum dan tata cara membayar zakat, infak dan sedekah,” katanya.

Dijelaskannya, jika Baznaz Kendal merupakan satu dari 514 Baznaz kabupaten/kota di Indonesia yang telah mendapatkan pengesahan Rencana Strategis (Renstra) Baznaz 2016-2021 dari Baznaz Pusat. Sebagaimana diamanatkan dalam Perbaznaz Nomor 3 Tahun 2014, Baznaz Kabupaten Kendal urutan ke -12.

Capaian Baznaz Kendal lain yakni telah mendapatkan pengesahan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) 2017 dari Baznaz Pusat sebagai acuan kerja tahun 2017 berdasarkan Perbaznaz Nomor 1 Tahun 2016 bersama dengan Baznaz Kabupaten Karanganyar.

Selain itu, Baznaz Kabupaten Kendal salah satu dari empat kabupaten/kota di Jawa Tengah yang telah bisa mengakses aplikasi Muzaki Corner untuk transaksi pembayaran dan laporan dari perangakat android yang bisa diunduh pada playstore.

Bupati Kendal, Mirna Annisa berharap agar kartu NPWZ tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi warga masyarakat Kendal. Masyarakat bisa memperoleh informasi tentang zakat yang mereka bayarkan. “Kendal merupakan satu dari tiga kabupaten di Jateng yang telah menerbitkan kartu NPWZ,” tuturnya.

Menurutnya Baznas, salah satu tujuannya adalah untuk membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, keterbelakangan pendidikan dan kesehatan yang layak. “Salah satu program yang sudah berjalan seperti bedah rumah,” tambahnya. (bud/ida)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia