Selasa, 16 Jan 2018
radarsemarang
Tanya Jawab Agama Islam

Salat Tahiyatal Masjid

Kamis, 30 Jun 2016 13:50

Salat Tahiyatal Masjid

Salat Tahiyatal Masjid (RadarSemarang)

Pertanyaan :

Assalamualaikum Wr. Wb, saya ingin bertanya tentang salat tahiyatal masjid. Apakah ada hadits yang tetap menyuruh salat tahiyatal masjid walaupun khatib sedang khutbah? Bukankah salat itu sunnah dan khutbah itu wajib?

Umar Falah  085772016084 Tugurejo

 

Jawaban :

Waalaikumsalam Wr. Wb, Ibu Abidatul Maula yang saya hormati. Dalam buku al-Majmu’ karya Imam an-Nawawi disebutkan bahwa ulama-ulama bermadzhab Syafi’i berpendapat bahwa tidak dianjurkan bagi yang telah berada di dalam masjid untuk melakukan amalan-amalan sunnah bila khatib telah menyampaikan khutbahnya. Ini karena ada perintah dari Nabi SAW agar jamaah mendengarkan khutbah dengan kusyuk.

Oleh karena itu, barang siapa yang tidak sedang melakukan salat, dia tidak boleh melaksanakan salat sunnah, dan barang siapa yang sedang salat, dia hendaknya mempersingkat dan mempercepat salatnya agar dapat mengikuti khutbah dengan khusyuk.

Makruh hukumnya meninggalkan salat tahiyatal masjid walau khatib telah berkhutbah karena Nabi SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kamu masuk masjid, maka janganlah dia duduk sebelum melaksanakan salat dua rakaat” (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad). Akan tetapi, jika masuk ke masjid pada akhir khutbah dan menduga bila melakukan salat tahiyatal masjid dia akan ketinggalan mengikuti imam dalam takbiratul ihram (takbir pertama), dia tidak dianjurkan shalat tahiyatal masjid. Namun, hendaknya dia tetap berdiri menunggu selesainya khutbah. (*)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia