Sabtu, 24 Feb 2018
radarmojokerto
icon featured
Journey
Thailand, Negeri yang Menggoda

Nikmati Pertunjukan Tarian Kolosal dan Ayunan Gajah

Sabtu, 03 Feb 2018 01:45 | editor : Mochamad Chariris

Khoiroh Azizah Hasyim, wisatawan asal Mojokerto menikmati sensasi ayunan gajah.

Khoiroh Azizah Hasyim, wisatawan asal Mojokerto menikmati sensasi ayunan gajah. (Khoiroh Azizah Hasyim for Radar Mojokerto)

KENDATI kerap didera konflik, namun Thailand tetap menjadi  jujugan wisata terfavorit di Asia, bahkan dunia. Keindahan alam dan budayanya membuat negara kerajaan ini kerap menempati peringkat atas tujuan wisata.

Berikut catatan perjalanan Khoiroh Azizah Hasyim, pengusaha wanita dan penghobi travelling yang selama beberapa hari menikmati keindahan Thailand bersama keluarganya.

Thailand ternyata tak hanya dikenal dengan Phuket dan Pattaya saja. Banyak destinasi wisata menarik lainnya di negara ini. Dan ini kami buktikan setelah beberapa hari berada di Thailand. Salah satu destinasi yang menjadi tujuan kami adalah Nong Nooch Village.

Dinamakan demikian karena pendirinya ingin mengabadikan nama sang istri, Mrs Nong Nooch Tansacha pada tempat ini. Suatu hal yang cukup romantis.

Terletak di Na Joemtien Sattahip, provinsi Chon Buri Pattaya, Nong Nooch Village berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bangkok. Ini adalah taman botanical paling terkenal di Thailand.

Dengan luas mencapai sekitar 600 hektare, tempat ini adalah taman konservasi terbesar di Asia tenggara. Di sini, terdapat ratusan jenis tanaman buah dan bunga. Untuk mencapai tempat ini kami memerlukan waktu hampir 50 menit.

Memasuki area parkir Nong Nooch Village, kami langsung disuguhi deretan patung terakota yang artistik serta segarnya aneka ragam tanaman hias di sepanjang jalan. Dari gerbang utama, kami langsung menuju Thai Cultural Hall, suatu arena pertunjukan teater.

Karena saking luasnya tempat ini, jaraknya pun lumayan jauh dari gerbang utama. Meski cuaca sedang mendung, namun karena padatnya pengunjung saat itu, arena Thai Cultural Hall menjadi cukup pengap dan gerah.

Untung saja pertunjukan tari-tarian kolosal khas Tailand tersebut ditampilkan dengan begitu menarik. Mulai tata panggung, kostum hingga penampilan penari begitu memikat. Sehingga kami bisa melupakan kegerahan dan pengapnya arena teater ini.

Rupanya tak hanya tari kolosal yang menjadi agenda penampilan di lokasi ini. Gajah juga tak ketinggalan ikut unjuk penampilan. Di Thailand, gajah termasuk hewan yang cukup istimewa.

Khususnya untuk gajah putih. Makanya negeri ini berjuluk Negeri Gajah Putih. Namun yang tampil di Nong Nooch Village adalah gajah biasa pada umumnya. Yang membedakan adalah skill dan kepintaran gajah-gajah tersebut.

Kami pun segera menuju arena penampilan para gajah ini. Di depan tribun penonton tampak deretan gajah dari berbagai usia sudah siap untuk tampil. Para gajah ini juga sudah berhias kostum kebesaran laiknya gajah kerajaan. Dan tak berapa lama pertunjukan dimulai.

Sungguh sangat mengagumkan melihat penampilan para hewan besar ini. Dengan lincah, para gajah ini menampilkan permainan basket, sepakbola, melukis bahkan kerap berinteraksi dengan penonton.

Interaksi tersebut diantaranya berupa kepandaian mereka bermain ayunan dengan penonton. Dua ekor gajah saling berhadapan dan menautkan belalainya membentuk ayunan. Tentu saja yang terakhir ini adalah pertunjukan yang cukup menegangkan.

Namun kami tak kuatir karena gajah ini sudah sangat terlatih. Dan para pawang pun selalu mengawasi pergerakan asuhannya tersebut. Diayun gajah adalah salah satu pengalaman yang sangat berkesan selama di Thailand. (nto)

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia