Rabu, 20 Sep 2017
radarmojokerto
Mojokerto

Empat Tahun, Lima Kelas di SDN Ini tanpa Siswa

Senin, 17 Jul 2017 17:45 | editor : Mochamad Chariris

Siswa di Kelas V SDN Kesiman, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, mengikuti kegiatan belajar hari pertama masuk pasca libur Lebaran.

Siswa di Kelas V SDN Kesiman, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, mengikuti kegiatan belajar hari pertama masuk pasca libur Lebaran. (Rizal Amrulloh/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Nasib SDN Kesiman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto di tahun ajaran baru ini cukup miris. Selama proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tidak satupun siswa mendaftar. Bahkan, dari 6 tingkat kelas, hanya 1 kelas yang terisi.

”Benar, untuk tahun ajaran ini, belum ada pendaftar sama sekali,” kata Kepala Sekolah SDN Kesiman, Wiyono kepada Jawa Pos Radar Mojokerto, Senin (17/7). Tahun ini merupakan tahun keempat secara berturut-turut sekolah yang dipimpinnya tidak mendapatkan murid baru.

Wiyono mengaku tidak mengetahui pasti penyebab nihilnya pendaftar. Namun, sekolah menduga, hal itu disebabkan akibat banyak siswa lebih memilih mendaftar ke lembaga pendidikan swasta. "Di lingkungan sini (Kesiman, Red) ada dua lembaga swasta. Banyak yang mendaftar ke sana," terangnya.

Dengan demikian, fenomena ini menambah panjang rentetan jumlah kelas tanpa satupun siswa di lima kelas di SDN Kesiman. Masing-masing di kelas I, II, III, IV, dan VI. "Sekarang hanya tinggal kelas V saja yang ada siswanya. Kelas lainnya kosong," tambahnya. Itu pun jumlahnya hanya 7 siswa saja. "Sebenarnya ada delapan siswa, tapi yang satu sudah pindah," jelasnya.

Atas minimnya jumlah siswa ini, meski PPDB resmi ditutup, SDN Kesiman masih menampung calon siswa baru yang ingin mendaftar. "Asalkan memenuhi syarat, kita masih bisa menerima," pungkasnya.

(mj/ram/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia