Rabu, 24 Jan 2018
radarmojokerto
Sport

Hadapi Perssu Sumenep, MP Andalkan Counterattack

Rabu, 19 Apr 2017 07:00

Hadapi Perssu Sumenep, MP Andalkan Counterattack

JELANG AWAY: Para pemain mengikuti latihan strategi serangan balik di Stadion Gajah Mada Mojosari. (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Ketegangan mulai merasuki mental skuad tim kebanggaan publik Mojokerto, PS Mojokerto Putra (PSMP) jelang kickoff Liga 2 bergulir 22 April nanti.

The Lasmojo harus menghadapi tantangan berat di laga pertamanya lewat tour away ke Sumenep dan Palangkaraya Sabtu (22/4) dan Rabu (26/4). Melawan The Gold Pegasus, julukan Perssu Sumenep, Laskar Majapahit dituntut mampu mencuri poin sebagai modal melanjutkan away keduanya melawan Kalteng Putra.

Grogi dan panasnya tensi pertandingan menjadi tantangan yang harus dilewati demi target mennggapai posisi 16 besar kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia itu.

Sebelumnya, Mujib Ridwan dkk juga mendapatkan halangan serius saat laga uji coba terakhir melawan klub internal Sidoarjo yang dijadwalkan Sabtu (15/4) pekan lalu gagal digelar.

Akibatnya, anak asuh trio pelatih Redi Suprianto-Nus Yadera-Ari Kurniawan ini tak bisa mengukur persiapan terakhir mereka sebelum turun di laga sebenarnya. Sebagai gantinya, tim pelatih kemudian mengalihkan materi latihan sejak Senin kemarin (17/4), melalui game internal.

Materi tersebut sekaligus untuk menentukan skuad ideal The Lasmojo dalam menjalani 12 kali pertandingan di babak penyisihan grup 6. Menanggapi hal ini, pelatih kepala PSMP, Redi Suprianto mengaku persiapan anak asuhnya sudah mencapai 80 persen.

Artinya, kekurangan 20 persen masih hanya tinggal ditutupi di latihan terakhir hari ini sebelum bertolak menuju Sumenep, Kamis besok (20/4). ’’Karena jaraknya cukup jauh, jadi kita harus berangkat lebih dini,’’ terangnya Selasa (18/4).

Redi juga tidak melihat kondisi 27 anak asuhnya terkendala sakit atau cedera sebelum pertandingan dimulai. Semua sedang dalam kondisi prima dan siap diturunkan dalam situasi apa pun.

Hanya saja, pihaknya tidak bisa memberikan sedikit bocoran soal nama-nama pemain yang akan dibawa ke lawatan pertama mereka kali ini. Pihaknya berdalih belum menentukan siapa-siapa saja yang berhak mengisi posisi di formasi 4-4-2 yang dipasang.

’’Kresna sudah sembuh dan latihan biasa setelah cedera pas latihan. Lihat besok kondisinya bagaimana, kita tidak bisa menentukan jauh-jauh hari, tergantung kondisi fisik terakhir,’’ imbuhnya.

Pihaknya juga tak menampik tensi tinggi bakal dihadapi anak asuhnya di laga Sabtu nanti. Sebab, besar kemungkin tuan rumah Perssu Sumenep tak ingin malu dikandangnya sendiri. Selain menurunkan kekuatan penuh, dukungan dari publik sendiri cukup menambah panasnya pertandingan.

Hanya saja, Redi tidak melihat hal tersebut sebagai halangan. Sebab, dia sudah memiliki gambaran besar soal pola formasi dan strategi yang akan diturunkan. Selain formasi tetap 4-4-2, tidak menutup kemungkinan dia hanya akan mengandalkan strategi counterattack.

Selain untuk meredam ganasnya serangan yang dilancarkan Perssu Sumenep, strategi itu juga dimanfaatkan untuk menghemat tenaga anak asuhnya di laga selanjutnya. Pasalnya, kemungkinan besar PSMP akan langsung bertolak menuju Palangkaraya setelah pertandingan Sabtu nanti.

’’Kita lihat dulu 15 menit awal pertandingan nanti bagaimana. Yang jelas, kita sudah siapkan konsep serangan balik atau counterattack untuk pertandingan besok,’’ pungkasnya. (far/ris)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia