Rabu, 24 Jan 2018
radarmojokerto
Kriminal

Oven Pabrik Pakan Ternak Bocor, Lima Karyawan Terbakar

Selasa, 18 Apr 2017 19:21

Oven Pabrik Pakan Ternak Bocor, Lima Karyawan Terbakar

LUKA BAKAR: Dua karyawan korban kebakaran PT DJ Sumber Rejeki Feed Meal, Ketemasdungus, Puri, Mojokerto, menjalani perawatan di Puskesmas Puri. (Khudori/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Kebakaran hebat terjadi di PT DJ Sumber Rejeki Feed Meal, di Dusun Dungus, Desa Ketemasdungus, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Selasa pagi (18/4).

Besarnya kobaran api diduga berasal dari mesin oven yang bocor membuat seisi ruang produksi pengelolahan pakan ternak ludes terbakar. Lima orang pekerja di dalam pabrik menjadi korban dan mengalami luka bakar.

Kelimanya dilarikan ke Puskesmas Puri. Bahkan, dua di antaranya harus dirujuk ke RS Islam Sakinah, Mojokerto, karena luka bakar di tubuhnya mencapai 45 persen.

Kelima korban ini adalah Sutomo, 47, warga Dusun Sumberejo, Desa Kintelan; Siswanto, 23, Dusun Belahan, Desa Brayung; Edi Warsito; 35, Dusun Setoyo, Desa Balongmojo, Kecamatan Puri.

Sedangkan dua korban lainnya bernama Lian, 25, dan Falen, 25, keduanya asal Nusa Tenggara Timur (NTT), dirujuk ke RSI Sakinah. Warsito, salah satu korban mengatakan, kebakaran bermula dari kebocoran oli di bagian oven ketel.

Setelah dua jam sebelumnya, pukul 05.00, Sutomo, kepala regu, sempat menghidupkan tungku ketel. Sayangnya, sekitar pukul 07.30, oven yang biasanya digunakan memproduksi bahan baku pakan ternak itu mengalami gangguan.

’’Dapurnya buntu, sehingga api tidak bisa naik ke atas. Kondisi itu juga diperparah dengan kebocoran oli,’’ ungkap Warsito saat berbaring di Puskesmas Puri. Curiga ada sesuatu yang aneh, dia bersama teman kerjanya, Sutomo, dan seorang teknisi, mencoba melakukan pengecekan.

Dengan mematikan mesin dan mengurangi proses pembakaran menggunakan bahan baku batu bara. ’’Baru saja pintu dapur kami buka, tidak ada hitungan detik, tiba-tiba api keluar dan menyambar kami berlima,’’ bebernya.

Karena besarnya api, dia dan karyawan lain mencoba melakukan pemadaman menggunakan peralatan seadanya. Namun, mereka justru menjadi korban jilatan api yang keluar dari tungku tersebut.

’’Untungnya, saya sendiri tadi (kemarin, Red) sedang telanjang dada. Sehingga, api tidak banyak membakar,’’ tegasnya. Terbakarnya PT DJ Sumber Rejeki Feed Meal sedang dalam penyelidikan Polsek Puri. (ori/ris)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia