Rabu, 24 Jan 2018
radarmojokerto
Mojokerto

Polri Luncurkan E-Tilang, Personel Satlantas Dibekali Pelatihan

Sabtu, 18 Mar 2017 02:47

Polri Luncurkan E-Tilang, Personel Satlantas Dibekali Pelatihan

DITERAPKAN: Anggota Satlantas Polres Mojokerto saat mengikuti pelatihan program e-tilang. (Khudori/Radar Mojokerto )

MOJOKERTO – Untuk memberikan kemudahan kinerja dan penindakan bagi anggota satlantas di lapangan, Polri meluncurkan program baru.

baca: Gandeng Dishub, Satlantas Tertibkan Parkir Liar

Seiring berkembangnya informasi teknologi (IT), program ini dinamai elektronik tilang (e-tilang). Bahkan, program berbasis aplikasi android mulai dikenalkan kepada korsp berseragam sabuk putih. Termasuk Satlantas Polres Mojokerto.

Selain dinilai membantu anggota, program anyar ini juga memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggar membayar sanksi tilang atau denda. Baik pelanggar mobil maupun sepeda motor.

 ”Kami mulai memberikan pelatihan terhadap personel di lapangan dalam penggunakan aplikasi android e-tilang ini,” ujar Kasatlantas Polres Mojokerto, AKP Wikha Ardilestanto SH SIK, Jumat (17/3).

Tata cara penggunaan aplikasi android e-tilang relatif mudah. Anggota hanya menunjukkan nomor briva kepada pelanggar. Selanjutnya, nomor briva itu digunakan untuk membayar denda di Bank BRI. ”Cukup memasukkan data pelanggar ke aplikasi yang ada,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, tata cara penggunaannya diawali dengan login aplikasi sesuai data anggota penindak yang telah didaftarkan. ”Jadi, tidak semua anggota Polri dapat menggunakan aplikasi ini,” paparnya.

Penggunaan program aplikasi ini didesain semudah mungkin. Di mana, di dalamnya mengatur batas waktu pembayaran. Apabila, dalam batas waktu sidang denda belum terbayarkan, maka pelanggar wajib mengikuti sidang manual di Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto.

”Intinya, setelah pelanggar lalu ditilang, pembayaran denda bisa langsung dibayar di Bank BRI, setelah dikasih kode briva,” tambahnya. Berikutnya, setelah membayar denda, barang bukti, seperti STNK dan kendaraan bisa diambil kembali di satlantas dengan menunjukkan bukti pembayaran dari Bank BRI. (ris)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia