Rabu, 24 Jan 2018
radarmojokerto
Sport

PSMP Gembleng Fisik Pemain

Sabtu, 11 Feb 2017 09:00

PSMP Gembleng Fisik Pemain

STAMINA: Para pemain PSMP mulai mengikuti latihan fisik di Stadion Gajah Mada Mojosari. (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Masa persiapan yang kurang satu bulan lagi. Namun PSMP masih dibayangi persoalan. Setelah dibelenggu belum lengkapnya skuad pemain, kondisi fisik pasukan Laskar Majapahit juga sepenuhnya belum siap layaknya tim profesional lainnya.

Untuk memenuhi hal itu, proses latihan kini difokuskan pada peningkatan stamina lewat latihan gym. Target waktu seminggu diberikan guna mengejar ketertinggalan waktu menuju kickoff  kompetisi divisi utama 2017 Maret mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Redi Suprianto, pelatih kepala PSMP saat dikonfirmasi kemarin. Proses seleksi pemain yang memakan waktu hampir satu bulan menjadi kendala atas molornya program latihan yang telah terjadwal.

’’Pokoknya minggu ini anak-anak kita drill penuh untuk latihan fisik. Senin mungkin sudah masuk gym dan kita pantau hasilnya sampai benar-benar fit,’’ katanya. Redi mengaku, tempaan fisik menjadi faktor utama yang harus dipenuhi dalam membentuk sebuah tim.

Sebab, perjalanan kompetisi yang berminggu-minggu menuntut pemain harus siap turun dalam kondisi dan situasi apapun. Dari informasi yang diterima Mojo Sport, setiap tim divisi utama nantinya akan menjalani 16 kali pertandingan di babak penyisihan selama 4 bulan.

Artinya, setiap pekan pemain akan melakoni rata-rata 2 kali pertandingan. ’’Kalau antara putaran pertama dan kedua ada jeda satu bulan, berarti ada 4 pekan yang dua kali pertandingan,’’ tambahnya.

Sementara itu, kekurangan 3 pemain dari 23 slot pemain yang dibutuhkan sudah bukan lagi halangan yang harus dipenuhi. Dari kesepakatan manajemen dan pelatih, kekurangan itu bisa dimaksimalkan hingga jelang kickoff dibunyikan.

Artinya, kekurangan satu stopper dan 2 wing bek masih bukan menjadi pokok persoalan dalam merancang formasi pemain. Setelah persiapan umum selesai, pihaknya akan fokus pada pembentukan strategi tim, baik formasi maupun komposisi pemain yang diturunkan.

’’Sebenarnya kita sudah memiliki 4 stopper. Memang idealnya harus punya 5 atau 6, tapi kita usahakan kekurangan itu tidak mempengaruhi jadwal lainnya,’’ pungkasnya. (far/abi)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia