Rabu, 24 Jan 2018
radarmojokerto
Budaya
Masjid Majapahitan Trowulan

Didominasi Warna Merah Bata dan Ukiran Surya Majapahit

Rabu, 08 Jun 2016 08:30

Didominasi Warna Merah Bata dan Ukiran Surya Majapahit

UNIK: Tampak ruang dalam Masjid Bintang Darul Muttaqin, Trowulan, Mojokerto. (Farisma/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Progress pembangunan Rumah Majapahitan sebagai desitinasi wisata baru memang belum sepenuhnya terbukti. Namun, kondisi berbeda justru ditampakkan masjid Bintang Darul Muttaqin.

Bentuk dan kesan yang sama-sama unik justru membuat pengunjung betah berlama-lama di masjid ini. Sebelum berubah dan dirombak tahun 2010 lalu, sejatinya masjid yang terletak tepat di pinggir jalur trans nasional Bypass Trowulan, Kabupaten Mojokerto ini memang sudah terkenal sejak dulu.

Letaknya yang strategis membuat tempat ini cocok dijadikan  tempat singgah sekaligus ibadah sementara para pelancong luar kota yang kebetulan melintas.

Bahkan, hampir setiap tahun masjid ini selalu didapuk pihak kepolisian sebagai tempat singgah pemudik saat musim lebaran tiba. Ya, Masjid Darul Muttaqin di desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto dulu dengan sekarang berbeda.

Dulu orang mengenalnya sebagai masjid bintang. Sebutan itu dicanangkan Polda Jatim dan Polres Mojokerto, karena fasilitas dan layanannya saat Lebaran yang mirip hotel berbintang.

Namun kali ini, sebutan itu telah pudar lantaran tak dijadikan lagi sebagai ikon masjid singgah para pemudik. Akan tetapi, bukan berarti semuanya pudar begitu saja.

Masih terletup daya tarik luar biasa terhadap pengunjung atau jamaah masjid untuk betah berlama-lama khusuk menjalankan ibadah salat.

Sejak dirombak tahun 2010 lalu, Masjid Jamik milik warga desa ini memang berubah kesan menjadi ala Majapahitan. Kesan itu terlihat pada ornamen, corak dan konstruksi, baik luar maupun dalam bangunan yang mencerminkan kejayaan Majapahit silam.

’’Mulai dibangun tahun 2010 dan selesai semuanya tahun 2015 kemarin. Pas Ramadan tahun kemarin, jadi sudah ada hampir setahun ini,’’ kata Ahmad Mukminin, pengurus takmir Masjid Darul Muttaqin, saat ditemui Jawa Pos Radar Mojokerto, Selasa (7/6). (far/ris)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia