Rabu, 24 Jan 2018
radarmojokerto
Budaya

Warga Temukan Situs Majapahit dan Sumur Songo

Rabu, 18 May 2016 16:24

Warga Temukan Situs Majapahit dan Sumur Songo

BERSEJARAH: Lokasi temuan situs dan tembikar di Desa/Kecamatan Kutorejo, Mojokerto, kemarin. (Rizal/Radar Mojokerto/Jawapos.com)

MOJOKERTO - Warga Dusun, Desa/Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto dikejutkan dengan penemuan situs yang diduga sebagai peninggalan kerajaan Majapahit, kemarin.

Dugaan peninggalan dari kerajaan yang pernah berjaya di belahan nusantara ini setelah struktur bangunan situsnya terbuat dari batu bata. Setiap batu bata berbentuk segi empat dan tertata rapi.

Temuan ini bermula ketika Eko Prasetyo, salah satu warga hendak membersihkan pekarangan kosong milik saudaranya. Kemudian dia melihat ada tumpukan batu bata kuno berukuran sekitar 30x20 cm. "Kemudian saya gali, dan tatanan batu bata itu semakin terlihat menyerupai candi," paparnya.

Dia menduga, bangunan itu termasuk salah satu peninggalan kerajaan Majapahit. Sebab, di dalamnya juga terdapat berbagai macam pecahan tembikar, seperti keramik bermotif. "Ya, keramik itu juga saya temukan tidak jauh dari situ (lokasi, Red)," jelasnya.

Tak hanya itu. Di sekitar situs juga terdapat sumur kuno, oleh warga setempat dinamai dengan sumur songo. Disebut sumur songo karena sumurnya berjumlah sembilan. "Nanti biar diteliti (BPCB Trowulan, Red) dulu saja, ada hubungan atau tidak antara sumur songo dengan penemuan situs itu," pungkasnya. (ram/ris)

 

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia