Sabtu, 16 Dec 2017
radarmalang
icon featured
Malang
Masuk 10 Besar X Factor Indonesia

Masuk 10 Besar X Factor Indonesia, Jadi Bintang Tamu di Acara Dahsyat

Masuk 10 Besar X Factor Indonesia

Selasa, 10 Oct 2017 11:33 | editor : Deka Adrianto

Masuk 10 Besar X Factor Indonesia, Jadi Bintang Tamu di Acara Dahsyat

Miftha Rizky Amelia termasuk gadis multitalenta di bidang seni. Sebab, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut bisa menari, macapatan, bermain musik, termasuk juga menyanyi. Bahkan, dia pernah lolos di ajang X Factor Indonesia dan Indonesian Idol. 

 ”Silakan masuk, Kak,” ajak Amel–sapaan akrab Miftha Rizky Amelia– dengan ramah saat Jawa Pos Radar Malang berkunjung ke rumahnya di daerah Sawojajar, Kota Malang, Minggu (1/10). Di dalam ruang tamu rumah bercat oranye itu terpajang sebuah lukisan penari Bali dan beberapa kerajinan ukiran kayu. Dari hiasan yang ada di ruang tamu tersebut menunjukkan bahwa sang empunya rumah adalah orang yang menyukai seni. 

Sembari menyuguhkan kue dan minuman, kami pun berbincang. Dia menceritakan berbagai pengalamannya. Kemahiran gadis kelahiran 1996 di bidang seni ini sudah tidak diragukan lagi.  Sebab, dari kecil dia mengaku sering ikut lomba menyanyi. Bahkan, dia juga pernah nyanyi bareng Samuel dari Akademi Fantasi Indonesia (AFI) Junior saat masih SD.

Lalu, dia juga pernah mengikuti lomba tembang macapat se-Kota Malang dan meraih juara. ”Saya juga bisa nyinden, main kulintang, nge-band, jadi vokalis, masuk 10 besar X Factor Indonesia, hingga pernah masuk 20 besar Indonesian Idol 2014. Kalau alat musik, dia pernah ikut kursus piano, tapi lebih menguasai bermain gitar,” tutur mahasiswi semester 7 Jurusan Hukum UMM tersebut.

Menurut dia, hobinya menyanyi berawal dari ibundanya yang juga senang bernyanyi. Ada satu yang menarik dari sekian banyak prestasinya di bidang kesenian. Yaitu, dia berprestasi di bidang akademik. Di antaranya, pernah menjuarai World Robotic Olympiad di Kuala Lumpur, Malaysia, bersama dua temannya.

Lantas, pada 2014 lalu, dia baru menjajaki  ajang talent show, yakni menjadi finalis Indonesian Idol 2014. Tak puas sampai di situ saja, gadis yang lebih dikenal dengan nama panggung Amelia Reza ini mencoba lagi untuk mendaftar di ajang X Factor Indonesia 2015. Dia mengaku, jika awal mengikuti ajang itu belum izin ayahnya karena masih mencoba lolos seleksi. Dan, dia pun lolos. Setelah itu, dia baru izin kepada kedua orang tuanya.

Menurut dia, sebelum masuk di tahap audisi yang antreannya begitu panjang, dia harus bolak-balik Surabaya–Malang untuk seleksi pertama di sekolah vokal Purwacaraka. Kemudian Amel mendapatkan tiket special hunt, lalu bisa ikut audisi di Jakarta. ”Alhamdulillah, dilancarin lolos. Saya lolos terus hingga ke Jakarta untuk babak gala show di TV,” tegas gadis kelahiran 3 Maret 1996 ini.

Amel menyatakan, lagu yang sering dia bawakan adalah lagu-lagu Whitney Houston, sang idola. Berkat lagu-lagu Whitney Houston-lah, dia sering lolos di tahap seleksi. Setelah resmi terpilih di X Factor Indonesia, dia dimentori oleh Rossa. Awal seleksi masih solois, lalu dibentuklah Classy Group Vocal yang terdiri dari 5 orang.

Namun, di balik perjuangannya tersebut ada hal lain yang perlu dia korbankan, yakni kuliahnya. Selama satu semester dia harus bolak-balik Jakarta–Malang. Hal itu dia lakukan karena pendidikan itu nomor satu baginya. Jadi, bagaimanapun caranya dia selalu berusaha agar tugas dan ujiannya beres sebelum ke Jakarta.

Terkadang ketika di Jakarta, dia juga membawa tugas-tugas kuliahnya dan dikumpulkan lewat e-mail. Awalnya memang agak sulit karena beberapa dosen tidak mau tahu. Tapi, karena mewakili nama universitas, akhirnya didukung penuh pihak fakultasnya.

Meski harus riwa-riwi, indeks prestasi kumulatif (IPK)-nya tetap stabil di angka 3,5 meski ada penurunan IPK dari biasanya, yakni, 3,75 atau 3,8. ”Dosen saya saja sampai bilang, ini kalau mahasiswa lain padahal full kuliah, mungkin nilai mereka bakal turun drastis,” ungkap  alumnus SMAN 8 Kota Malang tersebut.

Dia menceritakan, jika teman-teman seperjuangannya di kompetisi talent show tersebut ternyata banyak yang memilih cuti dan meninggalkan kuliahnya demi ajang tersebut. Sedangkan Amel mempunyai prinsip kalau kuliah itu tetap yang utama. ”Job boleh lancar, tapi kuliah harus terus lanjut,” ujar anak kedua dari pasangan Ermi Sulistiyowati dan Reza Trianto ini.

Hingga sekarang, dia masih sering mendapatkan tawaran menyanyi secara off air dan on air. Off air-nya dari undangan-undangan seperti acara pernikahan, peresmian, atau ada peringatan hari tertentu, saya menjadi guest star-nya. Biasanya yang mengundang dari instansi, pihak hotel, dan perusahaan. Dia juga pernah diundang Pemkot Malang. Sedangkan untuk on air-nya yang sering di acara Dahsyat RCTI. Dia juga sering mendapat tawaran main sinetron, tapi dia menolak karena lebih penting pendidikannya.

Selain memiliki skill di bidang tarik suara, dia juga menggeluti dunia model bintang Iklan Teh Pucuk Harum, Indomie, Olay, dan Pantene pada 2015. Amel juga sempat menjadi finalis Putri Jawa Timur 2016. ”Kalau prestasi yang terbaru, yaitu menjadi Duta Mahasiswa Genre atau Generasi Berencana yang diadakan BKKBN dan Putra-Putri Kampus di UMM (2017),” ujarnya. 

 

(rm/dek/dek/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia