Minggu, 17 Dec 2017
radarmalang
icon featured
Features

Mau Jadi Dalang Anak, Coba Sekolah Disini

Jumat, 06 Oct 2017 20:07 | editor : Jatmiko

sekolah dalang cilik

Seorang siswa sekolah dalang cilik, sedang berlatih (Fisca Tanjung/JawaPos.com)

MALANG KOTA - Bisa dibilang saat ini tidak banyak anak kecil yang menyukai seni perwayangan. Namun rupanya di Kota Malang masih ada beberapa anak yang justru sengaja mempelajari kesenian tersebut. Bahkan ada juga yang bercita-cita menjadi dalang.
Salah satunya seperti yang terlihat di pendopo Dewan Kesenian Malang (DKM), Jumat (6/10) sore. Ada sekitar 5 anak sedang asyik berlatih perdalangan. Salah satu anak terlihat dengan lihai memainkan wayang yang ada ditangannya. Sementara anak lainnya bertugas untuk mengiringi dengan alat musik gamelan.
Ya, setiap hari Jumat memang rutin dilaksanakan latihan perdalangan. Pesertanya pun berasal dari seluruh wilayah Malang Raya. Pengajar dalang cilik D Suwarno menyampaikan, latihan perdalangan itu memang rutin dilakukan satu minggu sekali, yakni pada hari Jumat mulai pukul 13.00 - 18.00. Rata-rata yang mengikuti justru anak usia sekolah, mulai SD hingga SMP.

Melalui latihan itu, anak-anak diajarkan mulai dari perkenalan wayang itu sendiri. "Dari bagaimana wayang bicara, berjalan. Setelah itu baru adegan," ujarnya pada Jawapos.com. Biasanya, lanjut dia, proses perkenalan itu membutuhkan waktu sekitar tiga bulan, hingga akhirnya mereka memahami perdalangan.

Menurutnya, hal paling sulit ketika mengajar anak-anak tersebut yakni pengenalan secara total. "Ada vokal, catur, janturan," kata dia. Sementara itu salah satu murid, Jagad Izmoyo Djati memgatakan, dirinya memang menyukai dunia perdalangan sejak masih duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar (SD). Alasannya pun cukup mengejutkan. "Ya suka aja, ingin melestarikan budaya," ucap bocah yang saat ini duduk di bangku kelas 7 ini. Dia pun bercita-cita ingin menjadi dalang ketika besar nanti.

(rm/fis/mik/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia