Senin, 11 Dec 2017
radarmalang
icon featured
Kanjuruan

Kuatir Gagal Panen, Dinas Pertanian Ini Tak Terima Bibit Bawang Putih

Jumat, 06 Oct 2017 19:14 | editor : Suryo Eko Prasetyo

Bawang putih impor Perum Bulog dari Tiongkok

ILUSTRASI: Hasil pertanian bawang putih yang diimpor Perum Bulog dari Tiongkok untuk menekan harga di pasaran. (Jawa Pos Photo)

JawaPos.com – Kementerian Pertanian tidak memberikan bantuan bibit bawang putih selama 2017 ke Kabupaten Malang. Bantuan akan dialihkan tahun depan dalam bentuk pengembangan kawasan bawang putih. Di kalangan stakeholder pertanian pada 2018 merupakan tahun hortikultura.

''Kami pastikan tidak mengambil bantuan pengembangan kawasan penanaman bawang butih," beber Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang Nasri Abdul Wahid MEng kepada JawaPos.com Jumat (6/10). Nasri berkesempatan menerima wakil dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Kementerian Pertanian dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Pendopo Agung, Pemkab Malang.

Nasri mengungkapkan, sebenarnya pada 2017 Pemkab Malang mendapatkan alokasi bantuan pengembangan kawasan bawang putih. Luasannya mencapai 25 hektar. Namun, alokasi bantuan itu tidak mereka ambil. Pihaknya memilih ekstra hati-hati. Keterbatasan waktu pelaksanaan dinilai terlalu mepet. Jika dipaksakan, dia kuatir justru terjadi kelangkaan benih.

''Bukan hanya Kabupaten Malang saja yang tidak mengambil bantuan kawasan pengembangan bawang putih. Beberapa daerah lain juga ada yang tidak mengambil," lanjut Nasri.

Mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang itu menjelaskan, mereka tidak ingin menanam benih secara asal-asalan.

Jika ditanam bawang putih tidak berbuah, jajarannya berpotensi diperiksa. Mereka terancam berhadapan dengan instansi penegak hukum.

"Dinas kami dalam situasi seperti sekarang ini harus berhati-hati dalam menerima bantuan. Terkecuali, bantuan benih itu sebelumnya sudah menghasilkan bawang putih yang baik dan berkualitas,'' imbuh Nasri.

Dia menginformasikan bahwa Kabupaten Malang pada 2018 akan mendapatkan bantuan pengembangan kawasan bawang putih seluas 50 hektar. Penanaman dijadwalkan mulai April 2018.

''Petani rata-rata sanggup menanam bawang putih tahun mendatang. Harapannya, mereka siap menerima bantuan tersebut,'' pungkasnya.

(rm/tik/sep/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia