Minggu, 21 Jan 2018
radarmalang
Total Arema

Tak Perlu Banyak Gol, Yang Penting Menang

Empat Laga, Arema FC Lepaskan 50 Tembakan

Selasa, 09 May 2017 10:53

 Tak Perlu Banyak Gol, Yang Penting Menang

PERSIAPAN MEPET: Dari kanan, Jad Nourreddine, Junda Irawan, Juan Pino, Arthur Cunha, dan Esteban Vizcarra saat berlatih di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Senin malam (8/5). (ARIS SYAIFUL ANWAR/RADAR MALANG)

MAKASSAR – Bila dibandingkan dengan tim-tim lain, penghuni 10 besar Liga 1, produktivitas gol Arema FC tergolong paling minim. Tapi, empat gol yang dicetak dalam empat pertandingan tak membuat Arema FC minder.

Pelatih Arema FC Aji Santoso malah menyebut timnya tak perlu mencetak banyak gol di Liga 1. ”Jumlah gol bukan masalah. Kalau konsisten menang meski hanya satu gol, saya kira itu lebih baik,” ujar Aji ketika diwawancarai di Makassar, Senin (8/5).

Seperti diketahui, empat gol itu memang menjadi penentu tiga kemenangan yang diukir Arema FC sejauh ini. Yakni 2-0 atas Bhayangkara FC (23 April), 1-0 atas Persiba Balikpapan (1 Mei), dan 1-0 atas Barito Putera (5 Mei). Sementara pada satu laga lainnya, yakni menghadapi Persib Bandung, berakhir imbang 0-0 (15 April).

Sebenarnya, meski baru mencetak empat gol, Arema FC tidak bisa disebut sebagai tim yang menerapkan strategi bertahan total. Statistik yang dihimpun tim Statoskop-Jawa Pos itu menunjukkan, Arema FC sejauh ini sudah melepaskan 50 tembakan ke arah gawang lawan.

Statistik itu lebih baik ketimbang PSM Makassar yang melepaskan 49 gol. Perlu diketahui, PSM Makassar menjadi salah satu tim dengan produktivitas gol terbaik di Liga 1. Skuad asuhan pelatih Robert Rene Albert itu sudah mencetak tujuh gol.

Artinya, Arema FC hanya perlu membenahi efektivitas lini depannya. Aji pun percaya, aliran keran gol tersebut hanya persoalan waktu.

Apalagi, untuk lini depan, Aji punya dua pemain yang sama baiknya. Yakni Dedik Setiawan yang menjadi top scorer sementara di Liga 1 dengan koleksi tiga gol maupun Cristian Gonzales.

Gonzales sejauh ini memang belum mencetak satu gol pun. Tapi, reputasinya sebagai pemain haus gol tak bisa dikesampingkan. Apalagi, saat tampil pada Piala Presiden 2017, Gonzales membuat rekor dengan mencetak 11 gol.  

Perlu diingat, setelah tampil pada laga pembuka Liga 1 lawan Persib, Gonzales harus absen pada dua laga berikutnya karena menjalani ibadah umrah. Dia baru kembali saat Arema FC memainkan laga keempat lawan Barito Putera. Jadi, Gonzales masih butuh treatment untuk mengembalikan kebugarannya.

Treatment-treatment itu tentu sudah disiapkan Aji. Secara umum, Aji menyatakan bahwa timnya sudah siap menghadapi PSM Makassar. ”Saya sudah kantongi kelemahan PSM. Semoga saat pertandingan besok (10/5), semua pemain bisa menjalankan instruksi dengan baik,” kata mantan pelatih Timnas U-23 ini. (asa/c2/muf)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia