Minggu, 21 Jan 2018
radarmalang
Total Arema

Wow, Arema FC Incar Adebayor dan Maicon?

Senin, 20 Mar 2017 13:59

Wow, Arema FC Incar Adebayor dan Maicon?

Adebayor dan Douglas Maicon. (istimewa)

MALANG KOTA – Arema FC tidak sepenuhnya membuang angan-angan ingin memiliki pemain kelas dunia atau marquee player. Tidak hanya ingin meniru Persib Bandung yang sudah mendatangkan Michael Essien, tapi peluang untuk mendatangkan marquee player terbuka lebar setelah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) membuat regulasi resmi.

Yakni setiap tim yang berlaga di Liga 1 berhak memiliki empat pemain asing. Satu di antaranya boleh diisi oleh marquee player. Nah, saat ini muncul sejumlah nama pemain kelas dunia yang dikait-kaitkan dengan Arema FC.

Di antaranya mantan pemain Arsenal Emmanuel Adebayor dan mantan pemain Inter Milan Douglas Maicon. Untuk Adebayor belakangan juga dikait-kaitkan dengan Bali United. Sedangkan Maicon dikait-kaitkan dengan Persija Jakarta.

Menurut sumber koran ini, agen dua pemain ini memang sedang bergerilya mencari tim yang cocok dan yang punya uang untuk merekrut mantan pemain bintang tersebut. Selain ke Bali United dan Persija, Arema FC masuk sebagai tim yang ditawari.

Keterangan sumber ini diperkuat pernyataan asisten pelatih Arema FC Joko ”Gethuk” Susilo yang menyatakan kalau timnya sudah ditawari tiga pemain marquee player. Hanya, Gethuk tidak mau menyebut tiga pemain ini. Bisa jadi tiga pemain di antaranya dua pemain tersebut. Apalagi, keduanya saat ini sedang free transfer  karena tidak mempunyai klub. Posisi keduanya juga pas dengan kekurangan Arema FC saat ini, yakni Adebayor berposisi striker dan Maicon pemain belakang.

Lalu, apakah Arema FC mempunyai uang untuk merekrut satu di antara dua pemain itu? Tentu yang bisa menjawab adalah manajemen Arema FC. Sebagai gambaran, Michael Essien direkrut Persib Bandung dengan taksiran harga sekitar Rp 11 miliar untuk satu tahun musim kompetisi. Ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu, manajemen menyatakan kalau timnya masih memikirkan untuk bisa merekrut marquee player.

Sedangkan pelatih Arema Aji Santoso ketika dikonfirmasi kemarin (19/3) menyatakan, Arema FC tidak ingin berburu-buru dalam membeli marquee player. Saat ini, tim pelatih dan manajemen  terus berdiskusi agar pembelian pemain kelas dunia tersebut bisa berpengaruh kepada Arema FC, seperti prestasi dan pemasukan dari sisi bisnis. ”Kami masih berdiskusi, belum ada keputusan terkait marquee player,” kata pria asli Kepanjen ini.

Saat disinggung pemain seperti eks striker Arsenal Emmanuel Adebayor dan eks Inter Milan Maicon, Aji enggan menyebut nama-nama pemain yang sudah masuk incaran. ”Belum ada keputusan, ya semua nama itu pemain kelas dunia,” kata Aji yang dikaruniai lima anak ini.

Dia menekankan perekrutan pemain kelas dunia itu harus sesuai dengan kebutuhan tim, seperti dari biaya hingga kebutuhan di susunan pemain. ”Kami tetap memerlukan pemain tersebut, tapi tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan tim, tidak boleh asal begitu saja,” imbuh pelatih yang pernah bermain di Arema dan Persebaya ini.

Mantan pelatih Persela Lamongan itu melanjutkan, marquee player tidak hanya pemain kelas dunia, tapi juga harus mampu membuat stadion menjadi penuh. Sebab, penonton tertarik melihat permainan pemain kelas dunia. Hal itu bakal menguntungkan tim dari sisi bisnis. ”Selain memiliki kualitas yang bagus, marquee player harus bisa menarik perhatian penonton untuk datang ke stadion,” kata Aji.

Sebelum diberitakan, Arema FC tertarik merekrut marquee player. Wacana itu menguat setelah beredarnya regulasi Liga 1 yang setiap tim diperbolehkan memiliki empat pemain asing, yakni dua pemain asing non-Asia, satu pemain Asia, dan satu pemain marquee player (tidak wajib).

Saat ini Arema FC sudah memiliki tiga pemain asing yakni dua non-Asia yakni Esteban Vizcarra (Argentina) dan Arthur Cunha (Brasil). Dan satu pemain Asia, yakni Fellipe Bertoldo (Timor Leste). Dengan demikian, Arema FC hanya kurang satu pemain dengan kriteria marquee player. Pemain jenis tersebut adalah pemain kelas dunia yang pernah berlaga di Piala Dunia dan liga-liga top Eropa, seperti Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, dan Liga Jerman. Hanya, kepemilikan marquee player tidak wajib bagi tim. Selain itu, usia pemain dengan kriteria khusus ini tidak boleh melebihi 35 tahun. (asa/c2/riq) 

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia