Minggu, 21 Jan 2018
radarmalang
Life Style

Marak Event, Kota Malang Jadi Barometer Fashion Nasional

Fashion Runway Dulu, Baru Fashion Movement

Minggu, 19 Mar 2017 11:37

Marak Event, Kota Malang Jadi Barometer Fashion Nasional

MEMESONA: Amel Barack, salah satu model saat memperagakan busana karya desainer Lenny I Vylen di ajang Malang Fashion Runway (MFR), di Malang Town Square (Matos), tadi malam (18/3). (Bayu Eka Novanta/Jawa Pos Radar Malang)

KOTA MALANG – Kota Malang saat ini semakin marak dengan event-event fashion. Setelah Jawa Pos Radar Malang selama dua tahun berturut-turut menggelar Malang Fashion Movement (MFM) sejak 2015, tadi malam dihelat Malang Fashion Runway (MFR). Perhelatan yang digagas Malang Town Square (Matos) dan didukung penuh  Jawa Pos Radar Malang itu berlangsung meriah.

 

Para pengunjung yang memadati hall Matos itu takjub dengan busana yang disuguhkan para desainer. Satu per satu para model tersebut memperagakan busana dari belasan desainer. Total ada 16 desainer yang menyuguhkan karyanya di ajang MFR, yang berakhir hari ini (19/3).

Sebelum para desainer memperagakan karyanya, acara ini dibuka dengan penampilan 8 busana khas Jawa karya Priambodo Kebaya. Kemudian diikuti karya dari Blitz Collection dengan busana men’s wear. Pakaian khusus pria tersebut cocok digunakan untuk sehari-sehari maupun menghadiri acara tertentu.

Busana dari Club Socialita Malang juga tak kalah menarik perhatian tamu undangan dan pengunjung mal. Busana yang identik dengan nuansa batik itu tampak anggun dipakai oleh ibu-ibu yang menjadi modelnya.

Sementara itu, Ketua Indonesia Fashion Chamber (IFC) Chapter Malang Agus Sunandar menyatakan, gelaran MFR ini menghadirkan guest star profesional serta desainer nasional. ”Kiblat event ini memang acara yang berstandar nasional,” kata dosen Universitas Negeri Malang (UM) tersebut.

Manajer event Jawa Pos Radar Malang M. Atho’illah menyatakan, pihaknya senang dengan mulai bermunculan event fashion di Malang. Apalagi, event-event tersebut dilaksanakan setelah Jawa Pos Radar Malang menggelar MFM.

Hingga kini, kata Atho’, MFM sudah digelar kali kedua. ”Semoga akan muncul event-event lainnya di bidang fashion,” katanya.

Sementara itu, kemarin (18/3), beberapa volunteer di Malang menggelar Demo Road to MFM di Mal Olympic Garden (MOG). Ada 11 volunteer yang berkampanye dengan memampang poster. Mayoritas volunteer tersebut dari kalangan pelajar dan mahasiswi. Itu dilakukan untuk menyambut digelarnya MFM 2017 pada 23–24 April mendatang.

Penanggung jawab Demo Road to MFM Selma Oktavia Kusuma Wardhani menyatakan, animo anak muda yang ingin menjadi volunteer sangatlah tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya pendaftar. ”Padahal, kami hanya menginfokan lewat akun Instagram. Langsung banyak yang ngirim direct message (DM),” ujar Oktavia.

Oktavia menyatakan, awalnya dia hanya membutuhkan 8 model untuk demo. Tapi karena banyaknya pendaftar, akhirnya diputuskan untuk menggunakan 11 model. ”Ada yang masih pelajar dan ada juga mahasiswi,” kata dia.

Dalam kegiatan bertajuk Fashion Invasion ini, masing-masing relawan membawa papan bertuliskan kata-kata yang berhubungan dengan fashion. Di antaranya animal print not animal skin (corak binatang bukan kulit binatang) dan no animal testing (tidak ada pengujian hewan).

Selma menyatakan, aksi ini bertujuan mengenalkan event MFM kepada masyarakat luas, terutama warga Malang. ”Kami memilih MOG karena banyak pengunjungnya. Mulai dari anak muda hingga keluarga. Jadi bisa merata pada semua kalangan,” terangnya.

Salah satu volunteer, Melia Excelsa, menyatakan, dia tertarik menjadi relawan karena ingin mengetahui persiapan MFM 2017 sebagai event fashion terbesar di Malang. ”Pengen ngerti gimana promosinya kepada masyarakat,” ujar perempuan yang saat ini menempuh studi di Universitas Brawijaya (UB) itu.

Relawan lain Raka Hadinata juga menyatakan hal senada. Selain ingin mengetahui persiapan MFM 2017, juga ingin melatih kepercayaan dirinya. ”Saya juga ingin mencari teman baru. Kan bisa kenal melalui relawan lain,” kata dia. (fis/c2/dan)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia