Kamis, 26 Apr 2018
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Pengoperasian Gedung Arsip Tunggu Fasilitas Lengkap

Senin, 16 Apr 2018 15:54 | editor : Abdul Basri

BELUM BISA DIMANFAATKAN: Warga melintas di depan gedung arsip daerah di Jalan KH. Wahid Hasim, Sampang, Minggu (15/4).

BELUM BISA DIMANFAATKAN: Warga melintas di depan gedung arsip daerah di Jalan KH. Wahid Hasim, Sampang, Minggu (15/4). (ZAINALABIDIN/Radar Madura/JawaPos.com)

SAMPANG – Pemkab Sampang mengucurkan dana Rp 1,9 miliar untuk menuntaskan pembangunan gedung arsip daerah pada 2017. Sayangnya, gedung berlantai dua tersebut belum dioperasikan. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Sampang berdalih menunggu pengadaan sarana prasana (sarpras) dan fasilitas lain yang dibutuhkan. 

Kepala Disarpus Sampang Sudarmanto mengatakan, sebelum gedung tersebut dioperasikan atau dibuka untuk umum, sarpras yang dibutuhkan harus dilengkapi. Misalnya, meja, kursi, lemari, dan semacamnya. ”Kami tidak mungkin mengoperasikan gedung itu kalau fasilitasnya belum ada,” katanya kemarin (15/4).

Sudarmanto mengaku tidak ingin gedung arsip daerah dibuka, tapi tidak bermanfaat untuk masyarakat dan pengunjung. Karena itu, saat ini pihaknya fokus pada pengadaan sarpras yang dibutuhkan.

Gedung itu dibangun di atas lahan seluas 4.265 meter persegi. Lantai bawah nakan digunakan sebagai gedung wisata arsip. Sementara lantai atas dijadikan depo arsip. Sudarmanto berharap anggaran pegadaan sarpras bisa segera turun agar secepatnya terealisasi. 

”Kalau sekadar diresmikin tidak sulit. Tapi jika gedung itu dioprasikan tanpa sarpras yang memadai, malah terkesan lucu,” tuturnya.

Pihaknya menegaskan, jika sarpras dan fasilitas sudah lengkap, secepatnya gedung tersebut akan dioperasikan dan dibuka untuk umum. ”Saat ini kami tengah berupaya mengumpulkan buku-buku cerita atau arsip dan benda-benda peninggalan kebudayaan dan adat daerah,” klaimnya.

Ketua Komisi IV DPRD Sampang Amin Arif Tirtana meminta gedung tersebut segera diresmikan dan dioperasikan. Mengingat, selama ini pemkab belum mempunyai tempat khusus untuk menyimpan arsip dan benda-benda sejarah tentang Sampang.

”Manfaat gedung itu sangat besar untuk menjaga dan melesatarikan arsip daerah. Jangan sampai pengoprasiannya molor,” pintanya

(mr/nal/onk/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia