Kamis, 26 Apr 2018
radarmadura
icon featured
Ekonomi Bisnis

Produk Ikan Kaleng Makarel Masih Beredar

Rabu, 04 Apr 2018 10:53 | editor : Abdul Basri

MASIH BEREDAR: Warga menunjukkan produk makanan makarel yang masih tersedia di toko modern wilayah Kota Sampang, Selasa (3/4).

MASIH BEREDAR: Warga menunjukkan produk makanan makarel yang masih tersedia di toko modern wilayah Kota Sampang, Selasa (3/4). (RUSYDI ZAIN/Radar Madura/JawaPos.com)

SAMPANG – Sejumlah toko modern di Sampang masih menjual produk ikan kaleng makarel. Padahal, produk tersebut dinyatakan mengandung parasit cacing oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Moh. Hisyam, pemilik swalayan Perintis Jaya, mengaku belum menerima pemberitahuan resmi dari pemerintah mengenai produk ikan kaleng yang mengandung parasit cacing. Namun, dia menegaskan ada produk ikan kaleng yang ditarik oleh pabrik, yakni merek ABC.

”Tadi pagi pabrik ABC menarik produknya. Yaitu, produk ikan kaleng makarel,” tutur Moh. Hisyam, Selasa (3/4).

Sementara itu, swalayan Finamart masih menjual produk ikan kaleng makarel merek ABC, Selasa (3/4). ”Belum ada pemberitahuan resmi kepada kami. Tetap kami jual karena kami curiga hoaks jika tidak ada surat resmi yang valid dari pemerintah,” kata pemilik Finamart Moh. Salim.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagprin) Sampang Wahyu Prihartono mengaku, surat edaran dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur mengenai produk ikan kaleng makarel yang mengandung parasit cacing baru turun kemarin. ”Segera kami koordinasikan dengan pihak lain untuk melakukan pengawasan ke toko yang menjual produk ikan kaleng makarel,” ujarnya.

Wahyu berjanji akan turun ke lapangan untuk menertibkan produk ikan kaleng makarel yang mengandung parasit cacing. ”Ketua tim dari dinas kesehatan. Kami segera koordinasikan juga dengan dinas lainnya. Secepatnya akan melakukan operasi,” tegasnya.

(mr/hud/luq/rus/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia