Rabu, 13 Dec 2017
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Banjir Rob Ancam Pesisir Pantai Jumiang

Kamis, 07 Dec 2017 17:48 | editor : Abdul Basri

NAIK ATAP: Puluhan ayam warga di dekat Pantai Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, terkena banjir rob Selasa malam (5/12).

NAIK ATAP: Puluhan ayam warga di dekat Pantai Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, terkena banjir rob Selasa malam (5/12). (BPBD FOR Radar Madura/JawaPos.com)

PAMEKASAN – Warga di sekitar pesisir Pantai Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, diminta waspada. Sebab, pesisir pantai tersebut masih terancam banjir rob. Selasa malam (5/12), rumah warga dan jalanan tergenang akibat air laut pasang.

”Ada sebagian rumah yang kena. Alhamdulillah karena tidak ada angin kencang, aman,” ujar Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan Budi Cahyono Rabu (6/12).

Berdasar prediksi BMKG, banjir rob akan berlangsung hingga Selasa malam. Tapi, tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu banjir rob bisa datang. Karena itulah, pihaknya meminta warga tetap wasdapa.

”Kami sudah memberikan peringatan dini kepada masyarakat melalui kepala desa. Alhamdulillah semua mematuhi,” tegas Budi.

Pada Selasa malam, kondisi air di jalanan mencapai 30–40 sentimeter (cm) atau sampai lutut orang dewasa. Sedangkan di perumahan warga genangan air mencapai 10 sentimeter. ”Sekali lagi kami menganjurkan agar masyarakat waspada menghadapi cuaca ekstrem yang perubahannya begitu cepat,” jelas Budi.

”Sekarang ini perubahan cuaca begitu cepat dengan siklon cuaca. Ada siklon Cempaka dan sebagainya,” tambahnya.

Sekadar diketahui, rob merupakan banjir air laut atau naiknya permukaan air laut. Banjir rob terjadi karena air laut pasang sehingga menggenangi daratan. Hal itu terjadi di daerah-daerah daratan yang lebih rendah daripada permukaan laut.

Pantai Jumiang merupakan daerah yang rawan banjir rob. Karena itu, Budi berharap warga siap siaga. ”Tapi, saya pastikan aman karena banjir rob ini tidak disertai angin kencang. Mudah-mudahan ke depan tidak terjadi banjir yang disertai angin kencang,” tukasnya.

(mr/mam/hud/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia