Kamis, 23 Nov 2017
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Pendaftar Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2019 Sedikit

Sabtu, 14 Oct 2017 06:40 | editor : Abdul Basri

Ketua KPU Pamekasan Moh. Hamzah

Ketua KPU Pamekasan Moh. Hamzah (PRENGKI WIRANANDA/Radar Madura/JawaPos.com)

PAMEKASAN – Verifikasi parpol peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan segera ditutup. Tepat pada pukul 00.00 Senin pekan depan, verifikasi resmi berakhir. Meski menjelang penutupan, parpol lama yang menyerahkan berkas hanya satu, yakni Nasdem.

Ketua KPU Pamekasan Moh. Hamzah mengatakan, tiga hari lagi verifikasi akan ditutup. Namun, untuk partai lama, baru satu yang melakukan verifikasi. Sementara partai lain belum menyetor berkas.

Verifikasi parpol dilakukan serentak di seluruh Indonesia. KPU pusat juga melakukan verifikasi. Bagi parpol yang tidak lolos verifikasi, konsekuensinya tidak bisa ikut Pemilu 2019.

Untuk partai lama, verifikasi hanya mencocokkan data pengurus dengan sistem informasi partai politik (Sipol) di KPU. Sementara untuk partai baru, akan diverifikasi faktual ke lapangan.

Jumlah pengurus dan anggota parpol di Pamekasan minimal 811 orang. Angka tersebut mengacu pada satu per seribu jumlah penduduk. ”Kalau tidak sampai 811 orang, tidak lolos verifikasi,” katanya Jumat (13/10).

Untuk partai baru, ada beberapa yang melakukan verifikasi. Dua partai dinyatakan lengkap. Yakni, Perindo dan Partai Berkarya. Sementara parpol lainnya ada yang masih tahap penelitian berkas.

Hamzah menyampaikan, secara teknis, tindak lanjut dari verifikasi parpol itu KPU pusat yang menindak lanjuti. Termasuk penjatuhan sanksi bagi partai yang tidak lolos verifikasi tersebut.

Verifikasi dilakukan secara profesional. Jika ada data anggota ganda, yakni satu nama berada di lebih dari satu parpol, KPU akan meminta kejelasan dari yang bersangkutan mengenai partai mana yang dipilih.

Tujuannya, agar tidak ada anggota dan pengurus parpol yang menjadi pengurus di parpol lain. ”Verifikasi faktual terhadap parpol baru akan dilakukan dengan mekanisme sampel,” katanya.

(mr/pen/hud/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia