Selasa, 23 Jan 2018
radarmadura
Sampang

Mensos Salurkan PKH Nontunai kepada Warga Kota Bahari

Senin, 19 Jun 2017 13:25

Mensos Salurkan PKH Nontunai kepada Warga Kota Bahari

PEDULI: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberikan bantuan nontunai PKH secara simbolis kepada warga di Pendapa Bupati Sampang Minggu (18/6). (GHINAN SALMAN/Radar Madura/JawaPos.com)

SAMPANG – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa melihat langsung penyaluran bantuan nontunai program keluarga harapan (PKH) kepada sejumlah warga Kota Bahari Minggu (18/6). Kegiatan tersebut berlangsung di Pendapa Bupati Sampang.

 

Khofifah mengatakan, Sampang termasuk kabupaten yang mendapat penyaluran PKH tunai. Tapi kemudian, hasil pemetaan pada Maret lalu, kabupaten ini dimasukkan pada nontunai sehingga Juni ini baru dicairkan.

”Sampang masuk pemetaan baru dan pencairan dilakukan di BRI. Ada kebijakan teknis di Himpunan Bank Milik Negara (Himbara),” terang Khofifah.

Kemarin warga bisa mencairkan Rp 1 juta untuk tahap pertama dan kedua sekaligus bisa diakses. Menurut dia, perlu dilakukan proses edukasi kepada masyarakat untuk menghafal pin dan bagaimana mengenal ATM. Sebab, kartu PKH juga berfungsi sebagai ATM.

”Kemudian, warga harus diperkenalkan dengan agen-agen BRI terdekat. Supaya masyarakat mengerti mengenai pengambilan uang PKH,” imbuhnya.

Harapan pemerintah, jangan sampai bantuan sosial tersebut dipotong dan tidak tepat sasaran. Pemerintah bekerja sama dengan Himpara dalam mengawal bansos agar tepat sasaran. Sistem perbankan akan me-reject apabila ada penerima dobel.

Uang yang diperoleh warga penerima akan diterima utuh. ”Untuk Sampang sendiri penerima PKH ada 54 ribu lebih, lengkap dengan jumlah uangnya,” tandasnya. (ghi/luq)

 

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia