Sabtu, 20 Jan 2018
radarmadura
Olahraga
Madura United vs Persipura Jayapura

Catatan Manis di Bulan Suci

Rabu, 07 Jun 2017 15:51

Catatan Manis di Bulan Suci

SIAP BUNGKAM JUARA BERTAHAN: Kembali Peter Odemwingie diyakini mampu mempertajam lini depan Madura United menghadapi Persipura Jayapura malam nanti. (A. YUSRON FARISANDY/ Radar Madura/JawaPos.com)

”Saya punya kenangan manis selalu cetak gol kalau main di bulan puasa seperti tahun lalu.”

KALIMAT itu diucapkan Fandi Eko Utomo setelah laga melawan Persegres Gresik Kamis (1/6). Pada laga tersebut, pemain yang berposisi di sektor tengah itu mencetak gol kedua Madura United pada menit ke-17. Akankah catatan manis itu terulang kembali kala bertemu Persipura Jaya Pura malam nanti (7/6)?.

Penampilan pemain bernomor punggung 22 itu memang cukup baik. Kemungkinan diturunkan kembali dalam laga melawan tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut. Dalam beberapa skema latihan yang dilakukan, sepertinya dia memang disiapkan menghadapi laga superberat tersebut.

Selain cacatan manis Fandi Eko, Laskar Sape Kerrap memiliki rekor bagus dalam dua kali pertandingan di bulan suci. Pertama, menahan imbang kala bertandang ke markas Sriwijaya FC Sabtu (27/5). Kedua, menaklukkan Persegres Gresik dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) pekan lalu.

Menghadapi Persipura Jayapura di SGB (kickoff pukul 20.30), Madura United tak akan mengendurkan lini pertahanan. Meskipun kehilangan Fachruddin Wahyudi karena dipanggil timnas Indonesia. Slamet Nurcahyo juga tak bisa tampil lantaran harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

Ya, absennya sejumlah pemain tidak membuat Gomes gelisah. Sebab, masih banyak amunisi Laskar Sape Kerrap yang bisa diturunkan. ”Tim ini terdiri atas pemain hebat dan tidak bergantung pada satu pemain. Tidak menjadi masalah tanpa Fachruddin dan Slamet,” ujar Gomes de Olivera kemarin (6/6).

Pelatih asal Brasil tersebut menjelaskan, ada Munhar yang bisa dimasukkan. Gomes menilai pemain bernomor punggung 5 itu bisa diturunkan menggantikan Fachruddin. ”Juga perlu dicatat, masih ada Greg yang saat ini makin baik dan semakin bugar,” tambah pelatih 54 tahun tersebut.

Motivasi yang diberikan Presiden Klub Achsanul Qosasi Senin malam (5/6), menurut Gomes sangat bermanfaat untuk membakar semangat para pemain. ”Sebagai bagian dari Madura United harus menanamkan keyakinan bahwa yang bisa mengalahkan Madura United adalah Madura United sendiri, yakni tim B,” ujarnya.

Selain itu, rekor 7 pertandingan tidak pernah terkalahkan membuat Laskar Sape Kerrap semakin percaya diri. Namun, masih butuh 3 laga lagi untuk menyamai rekor pencapaian musim lalu, yakni tidak pernah kalah dalam 10 pertandingan. Artinya, Fabiano Beltrame dkk butuh kerja keras lagi.

Namun, Persipura Jayapura tetap lawan yang tidak bisa diremehkan. ”Persipura memiliki nama besar dan pemain yang sering menyulitkan di mana pun mereka bermain. Kesiapan fisik, mental, maupun kekompakan tim sangat penting untuk pertandingan besok (hari ini, Red),” tambah Gomes.

Sementara itu, Persipura sudah menjalani latihan kemarin. Skuad Mutiara Hitam menargetkan meraih poin di kandang Madura. Sang pelatih Lestiadi memuji tim tuan rumah sebagai tim papan atas yang bermaterikan pemain bagus. ”Pertandingan melawan Madura United adalah laga hidup mati bagi kami, minimal dapat satu poin. Pertandingan ini kami anggap sebagai partai final,” ujar Lestiadi.

Kekalahan pada pertandingan sebelumnya saat takluk 5-1 atas PSM Makassar di Stadion Aji Imbut, Makassar, menjadi pelajaran. Tim asal Papua tersebut termotivasi tidak kehilangan poin lagi. ” Saya selalu tekankan kepada anak-anak bahwa setiap pertandingan ke depan adalah laga final,” jelas Lestiadi.

Boaz Solossa dkk sangat mewaspadai beberapa penggawa Laskar Sape Kerrap. Di antaranya, kembalinya top skor sementara Madura United Peter Odemwingie. Eks pemain Persipura Jayapura Greg Nwokolo, Engelberd Sani, dan Dane Milovanovic juga mendapat perhatian khusus dari Lestiadi. (dam/han)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia