Sabtu, 20 Jan 2018
radarmadura
Rekreasi

Disbudpar Bakal Gencarkan Promosi Wisata

Jumat, 26 May 2017 19:34

Disbudpar Bakal Gencarkan Promosi Wisata

RAMAI: Pengunjung berenang di Kolam Banyu Biru, Kecamatan Burneh, Kamis (25/5). (A. YUSRON FARISANDY/Radar Madura/JawaPos.com)

BANGKALAN – Pengunjung wisata bisa ditingkatkan dengan promosi. Tahun ini Pemkab Bangkalan menggelontorkan Rp 597 juta untuk promosi wisata. Anggaran tersebut bersumber dari APBD Bangkalan 2017.

 

Promosi wisata akan dilakukan di beberapa daerah. Di antaranya Jogjakarta, Surabaya, Bali, Lombok, dan Jakarta. Promosi dilakukan dalam bentuk pameran. Demikian disampaikan Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan Doni D. Pujianto.

Dia menjelaskan, 2014 dan 2015 minim promosi wisata. Dampaknya, minat kunjungan wisata ke Bangkalan turun. Pada 2015 tercatat 1.777.251 wisatawan datang ke Bangkalan. Namun pada 2016 kunjungan wisata menurun menjadi 1.694.092.

Doni beralasan, selama dua tahun itu disbudpar terkendala anggaran. ”Sehingga ada penurunan kunjungan wisata. Sebab promosi tidak begitu maksimal. Anggarannya kecil,” ucapnya Kamis (25/5).

Promosi yang dilakukan 2013 berdampak pada 2014. Begitu seterusnya. ”Semoga ada peningkatan pengunjung wisata di 2018,” harapnya.

Terpisah, Anggota Komisi D DPRD Bangkalan Abdurrahman menyampaikan, pihaknya sangat menginginkan sektor wisata berkembang. Setidaknya mampu bersaing dengan daerah lain. Sebab potensi wisata di Bangkalan tidak kalah menarik.

”Kami mendukung jika sektor wisata digarap serius. Salah satu kunci mengembangkan sektor lain bisa melalui wisata,” ungkapnya. Di daerah lain, sektor wisata menjadi salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar.

Dia berharap, Bangkalan bisa mencontoh prestasi daerah lain tersebut. Terlebih saat ini pariwisata digandrungi pelancong domestik dan mancanegara. ”Sekarang gencar-gencarnya orang berwisata,” pungkasnya. (bad/hud/luq)

 

 

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia