Sabtu, 20 Jan 2018
radarmadura
Olahraga

Madura United Mengulang Sejarah Musim 2016

Sabtu, 20 May 2017 00:18

 Madura United Mengulang Sejarah Musim 2016

GOL: Slamet Nurcahyo usai melesakkan bola ke gawang PS TNI di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) Jumat malam (19/5). (A. YUSRON FARISANDY/Radar Madura/JawaPos.com)

BANGKALAN – Madura United menuntaskan misinya mematahkan rekor PS TNI sebagai tim yang tidak pernah kalah. Dalam laga di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Fabiano Beltrame dkk menang dengan skor fantastis 4-1. Gol masing-masing dicetak Greg Nwokolo, Peter Odemwingie, Slamet Nurcahyo, dan Dane Milovanovic.

 

Kemenangan itu mengulang sejarah pertemuan kedua tim musim 2016 lalu. Pada kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) A, Laskar Sape Kerrap menaklukkan The Army –julukan PS TNI dengan dengan skor 4-1. Laga itu juga menjadi panggung bagi Peter dan Greg. Dua pemain Nigeria itu bergantingan memberikan assist dan mencetak gol.

Dalam lanjutan Liga 1 tersebut, Madura United tampil dengan formasi baru. Seperti yang terjadi saat menghadapi Arema FC di pertandingan sebelumnya. Posisi dua wing back Laskar Sape Kerrap diisi oleh dua serdadu muda. Yaitu Rizky Dwi Febriyanto di kiri, sementara di kanan ada Eriyanto.

Sementara posisi tengah diisi oleh Dane Milovanovic. Hal ini terlihat lebih efektif, karena memaksimalkan pemain senior di sektor gelandang dan striker. Peluang emas pertama tuan rumah terjadi di menit ke-12. True pass lambung Slamet Nurcahyo membuat Greg Nwokolo langsung berhadapan dengan kiper PS TNI Teguh Amiruddin.

Sayang, shootingnya terlalu keras, sehingga masih berada di atas mistar gawang tim tamu. Namun tak berselang beberapa lama, gol yang ditunggu-tunggu datang pada menit ke-17. Gol tercipta dari kaki Greg Nwokolo. Gol itu berawal dari akselerasi Peter Odemwingie di sektor kiri pertahanan PS TNI yang disusul dengan true pass datar ke depan gawang lawan.

Tiga menit sebelum babak pertama usai, Laskar Sape Kerrap kembali mencetak gol kedua. Kali ini giliran Greg yang menyediakan assist bagi Odemwingie. Tepat di menit ke-42, pemain asal Nigeria tersebut mencetak gol kelimanya musim ini. Hingga akhir babak pertama, skor 2-0 untuk keunggulan Madura United.

Mengawali babak kedua, Madura United kecolongan. PS TNI mampu memperkecil keadaan melalui gol yang dicetak oleh striker asing mereka, Leonel Jorge Nunez, di menit ke-47. Papan skor kembali berubah menajdi 2-1. Madura United merespons dengan memasukkan winger yang lebih berpengalaman.

Bayu Gatra dimasukkan menggantikan Saldi di menit ke-54. Selang 5 menit, Madura United memperlebar jarak. Gol Slamet Nurcahyo di menit ke-59 memperbesar keunggulan Laskar Sape Kerrap.  Lima menit kemudian, tepatnya di menit ke-64, giliran Dane Milovanovic mencatatkan namanya di tabel top skor.

Kondisi gawang PS TNI yang kosong mampu dimaksimalkan oleh pemain berkebangsaan Australia tersebut. Hingga akhir pertandingan, tak ada tambahan gol. Kemenangan itu menunjukkan bahwa SGB sangat angker bagi tim tamu. Hasil ini juga mengangkat posisi Madura United ke peringkat keempat klasemen sementara.

Kemenangan itu membuat Gomes de Olivera puas. Pelatih asal Brasil itu menyatakan bahwa strateginya mampu diterapkan oleh anak asuhnya. ”Semua pemain menunjukkan profesionalisme dalam pertandingan. Tanpa banyak bicara, seluruh pemain sudah bisa mengerti apa yang harus dilakukan,” ungkap pelatih 54 tahun tersebut.

Greg yang mencetak gol perdananya musim ini bagi Madura United mengaku selalu ingin bekerja sama dengan semua pemain. ”Saya berposisi sebagai gelandang, tentu untuk memberikan assist bagi striker. Pertama harus membuat tim memenangkan pertandingan dulu, baru memikirkan individu,” ujar Greg.

”Saya pikir para pemain tidak menemukan konsentrasi di pertandingan ini. Tapi dengan tidak tampilnya tiga pemain inti kami lawan Madura, seperti Manahati Lestusen dan Abduh Lestaluhu, memang membuat kami kewalahan menghadapi Madura,” ungkap Pelatih PS TNI Ivan Kolev. (dam/han/luq)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia