Selasa, 23 Jan 2018
radarmadura
Rekreasi

Menuju Visit Sumenep 2018, Wisman Terus Berdatangan

Rabu, 17 May 2017 05:31

Menuju Visit Sumenep 2018, Wisman Terus Berdatangan

CERIA: Wisatawan mancanegera bersama wisatawan lokal di Pantai Sembilan, Pulau Gili Genting, Sumenep. (ABD. MUKSIDYANTO/Radar Madura/JawaPos.com)

SUMENEP – Wisatawan mancanegara (wisman) dari Eropa kemarin (16/5) kembali mengunjungi Sumenep. Kali ini, jumlahnya lebih banyak, yanki 130 orang. Mereka berasal dari Australia, Amerika Serikat, Perancis serta sejumlah negara di Eropa. Lokasi mana saja yang menjadi tujuan wisata mereka?

 

Suara musik tradisional terdengar dari Pendapa Keraton Agung, Sumenep. Sejurus kemudian, sejumlah penari beraksi dengan membawakan tarian tradisional batu cening. Aksi para penari tersebut langsung mendapat apresiasi dari para wisman.

”Kami selalu siap menyambut kedatangan wisman,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep  Sufianto, Selasa (16/5).

Tak hanya disambut dengan tarian, selama di Pendapa Keraton Agung, Sumenep, wisman mendapat sajian makanan khas sumenep. Pihak pemkab juga sudah mempersiapkan karya seni lain untuk memanjakan para pengunjung.

Karya seni yang dipamerkan kepada wisman di antaranya batik dan keris. Bahkan, untuk batik, pihak pemkab mengajak perajin untuk datang ke Pendapa Keraton Agung, Sumenep. Itu dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung yang ingin belajar membatik.

”Jika ada batik dan keris yang dianggap cocok oleh pengunjung, pengunjung bisa langsung bertransaksi dengan perajin di sana,” ungkap Sufianto.

Selain mengunjungi Keraton Agung, Sumenep, wisman yang datang ke Sumenep juga mengunjungi Masjid Jamik Sumenep. Selain itu, ada pula yang langsung menuju Pantai Sembilan di Desa Bringsang, Kecamatan Gili Genting.

Memahami tingginya minat berkunjung ke sejumlah pantai di Sumenep, pemkab terus melakukan perbaikan fasilitas. Beberapa pelabuhan di Sumenep direncanakan diperbaiki mulai 2018 mendatang. Mulai dari Pelabuhan Giliyang, Pelabuhan Dungkek, Pelabuhan Kombang, Pelabuhan Tanjung serta Pelabuhan Saronggi.

Miss Soe, salah satu turis asal Jerman mengatakan, dia tertarik dengan Sumenep karena lingkungan yang bagus dan keseniannya menarik. ”Sumenep bagus sekali. Kesenian, keratin, dan lingkungannya,” katanya dalam bahasa Inggris.

Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora dan jajaran memantau langsung kedatangan wisman kemarin. Mobil patroli mengawal satu bus berisi wisman dari dan menuju pelabuhan di Saronggi. Kapal pesiar ditambatkan di laut Saronggi.

”Kami kawal perjalanan mereka agar lancar. Sehingga, ketika merasa nyaman, akan kembali datang ke Sumenep,”pungkas Joseph. (sid/fei/luq)

 

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia