Selasa, 23 Jan 2018
radarmadura
Olahraga

Antisipasi Kecepatan Winger Lawan

Jumat, 21 Apr 2017 14:24

Antisipasi Kecepatan Winger Lawan

SIAP TANDING: Pemain Madura United Peter Odemwingie dan Greg Nwokolo. (A. YUSRON FARISANDY/Radar Madura/JawaPos.com)

BANGKALAN – Formasi baru disiapkan pelatih Madura United Gomes de Olivera Jumat malam (21/4). Melawan Persela Lamongan, pelatih asal Brasil itu diprediksi menggunakan dua striker dengan formasi 4-4-2. Greg Nwokolo dan Peter Odemwingi dipilih menjadi tumpuan lini serang.

Saat melawan Bali United pekan lalu, Gomes menggunakan formasi 4-3-3 dengan tiga striker. Malam nanti, Bayu Gatra yang biasanya beroperasi di sebelah kanan pertahanan lawan akan ditarik agak ke belakang diposisikan sebagai sayap. Sementara di sayap kanan ada winger lincah Slamet Nurcahyo.

Skema dengan dua striker pernah dicoba oleh Gomes ketika menghadapi lawan yang memiliki winger agresif. Gomes mengantisipasi kecepatan dua penggawa muda Persela, Bobby Wirawan, dan Sandy Septian. Pada pertandingan sebelumnya, keduanya sempat merepotkan lini pertahanan PSM Makasar. Untuk memutus serangan lawan di sektor tengah, Gomes mengandalkan Rizky Dwi Febriyanto dan Asep berlian.

Pada pekan kedua, Laskar Sape Kerrap sedang dalam puncak performa. Kemenangan pada pertandingan perdananya membuat tim kebanggaan masyarakat Madura semakin bersemangat. Terlebih, tuan rumah kurang percaya diri setelah dikalahkan PSM Makassar di laga perdana dengan skor 0-3.

Selain itu, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu tak akan diperkuat pemain bertahan andalan mereka, Aang Suparman. Dia tidak bisa bermain setelah pada pertandingan pertama terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Winger U-23 andalan Persela Saddil Ramdhan juga tidak bisa turun karena dipanggil timnas. Kelemahan itu jelas akan dimanfaatkan oleh para penyerang Madura United.

Namun, opsi menduetkan Greg Nwokolo dan Peter Odemwingie bisa berubah sesuai situasi. Prinsipnya, pemain yang paling siaplah yang akan masuk dalam strating line up. ”Kita akan lihat siapa pemain dengan kondisi terbaik, dan siap untuk bermain. Kami akan memasangnya sebagai starter,” ungkapnya kemarin (20/4).

Dari 20 pemain dibawa menuju Lamongan, tidak terdapat nama Guy Junior. Padahal pada pertandingan perdana melawan Bali United, Guy bermain hingga 70 menit. Ini menjadi pertanda bahwa Gomes akan memberikan kesempatan terhadap Greg maupun Odemwingie untuk menjadi starter.

Bisa meraih tiga poin menjadi misi utama Madura United. Gomes menginginkan seluruh pemain di lapangan, untuk saling membantu. ”Posisi Guy akan kami berikan kepada yang lain. Masih ada pemain lain dengan kualitas yang sama,” tegas mantan Pelatih Persela Lamongan tersebut.

Persela tetap harus diwaspadai oleh Fabiano Beltrame dkk. Bermain di kandang sendiri, tentu akan bermain lebih ofensif. Seperti yang disampaikan oleh pelatih Hery Kiswanto dalam prescon kemarin. ”Kami belajar dari kekalahan kemarin, karena gol cepat membuat kami ambruk,” ujarnya.

Terlebih, tim tersebut pernah menjadi batu sandungan bagi Madura United. Terutama saat berlaga di kandang sendiri. Pada pekan ke-32 Indonesia Soccer Championship (ISC) A tim besutan Gomes dipaksa menyerah dengan skor 2-1. Kekalahan itu membuat Madura United tersingkir dari perebutan juara. (dam/han/luq)

 

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia