Selasa, 23 Jan 2018
radarmadura
Rekreasi

Segi Tiga Emas, Permata Ujung Timur Pulau Madura

Rabu, 19 Apr 2017 14:02

 Segi Tiga Emas, Permata Ujung Timur Pulau Madura

MENAWAN: Hamparan pasir putih di Pulau Gili Labak, Kecamatan Talango, Sumenep, Rabu (14/4). (HERIVIYA YUVI/Radar Madura/JawaPos.com)

SUMENEP – Pulau Gili Labak, Gili Iyang, dan Pantai Sembilan di Gili Genting merupakan destinasi wisata bahari dengan keindahan alam bawah laut. Dengan pasir putihnya yang menghampar luas di pantai, semakin menambah eksotisme pantai tersebut.

Tidak hanya itu, ribuan pohon kelapa yang rimbun dan tumbuh di sekitar pantai menambah kesejukan mata untuk memandang. Cemara udang yang mulai tumbuh subur menjadi pelengkap keindahan alam. Ditambah dengan keindahan terumbu karang dan ikan warna warni di lautan itu.

 Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam sebuah kesempatan menyampaikan, betapa indahnya pulau dengan sebutan Segi Tiga Emas, permata di timur Pulau Madura ini. Wabup yang akrab disapa Bang Uji ini menyebutkan satu per satu keindahan alam kabupaten yang dipimpin A. Busyro Karim hingga muncul ke permukaan.

Pertama dimulai dari Pulau Gili Labak. Pulau yang juga akrab disebut Pulau Tikus ini menyajikan keindahan alam yang memesona dan cukup menakjubkan. Itu terlihat dari air lautnya yang sangat jernih.

Ketersediaan fasilitas terus dimaksimalkan oleh pemerintah setempat dalam rangka Visit Sumenep 2018. Fasilitas penunjang seperti mandi cuci kakus (MCK), musala, dan fasilitas penunjang lainnya mulai dirasakan oleh wisatawan yang berkunjung.

Wisatawan bisa snorkerling dan diving untuk menikmati alam bawah laut dengan terumbu karang yang sangat indah. Dari Pulau Gili Labak, wisatawan bisa bergeser menuju Pulau Gili Genting. Salah satu objek wisata yang terletak di Desa Bringsang ini menyajikan keindahan alam yang cukup unik.

Dengan bentuk pantai dan gundukan pasir berbentuk angka sembilan, menyajikan panorama keindahan pantai. Fasilitasnya juga cukup lengkap. Misalnya banana boat, home stay, dan aneka minuman segar seperti es degan yang buanya baru dipetik dari pepohonan rindang di lokasi.

Di pantai ini pula terdapat spot-spot foto yang cukup menarik. Seperti pagar berbentuk hati, tulisan selamat datang di Pantai Sembilan, ayunan di bundaran pasir berbentuk angka 9, dan tempat-tempat bersantai lainnya.

Dari Gili Genting, wisatawan bisa bergeser ke Pulau Gili Iyang. Di pulau ini, wisatawan bisa menikmati oksigen terbaik kedua dunia setelah Yordania. Yakni mencapai 21,5 persen. Udara terasa sejuk bak berada dalam ruangan ber-AC.

Selain itu, terdapat pula kekayaan alam nan menawan, seperti Pantai Batu Cangga, Pantai Ropet, Gua Air, Gua Saripa, fosil ikan paus, dan lain sebagainya.

Menurut Bang Uji, Pulau Gili Iyang adalah pulau dengan kadar oksigen 20,9 persen ini (penelitian tim Lapan, Red) dikenal dengan pulau awet muda. Sebab warga atau penduduknya berusia di atas 100 tahun.

Pulau ini juga memiliki potensi wisata lainnya berupa pantai dan gua yang sangat indah. ”Kalau wisatawan ingin awet muda, tinggallah di Pulau Gili Iyang. Pemkab siap memfasilitasi surat pindah,” ucap Wabup dengan nada bercanda saat sambutan silaturahmi SKK Migas beberapa waktu lalu. (via/gik/luq)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia