Selasa, 23 Jan 2018
radarmadura
Rekreasi

Bukit Kapur Paling Favorit Dijadikan Swafoto

Rabu, 12 Apr 2017 06:13

Bukit Kapur Paling Favorit Dijadikan Swafoto

EKSOTIS: Wisata Alam Batu Kapur di Dusun Bulu Barat, Desa Batuputih Daya, Kecamatan Batuputih, Sumenep. (A. YUSRON FARISANDY/JPRM)

SUMENEP – Satu lagi destinasi wisata alam di Sumenep. Yakni, Bukit Kapur yang berlokasi di Dusun Bulu Barat, Desa Batuputih Daya, Kecamatan Batuputih. Sejak tiga tahun terakhir, bekas galian batu kumbung tersebut banyak dikunjungi wisatawan. Lokasi wisata yang menyajikan pemandangan menakjubkan itu menjadi destinasi wisata di wilayah pantura.

Tim Jawa Pos Radar Madura (JPRM) berhasil mengunjungi lokasi wisata yang letaknya sekitar 30 meter dari sisi selatan laut pantura itu. Akses menuju tempat wisata alam tersebut sangat menantang. Jalan masuk lokasi bekas galian batu itu masih berupa tanah tegalan.

Pemandangan di tempat itu sangat indah. Terdapat tebing menjulang tinggi. Di bagian tengah, terdapat batu segi empat menjulang tinggi seperti menara. Tinggi batu kapur tersebut sekitar 30 meter. Batu itu sengaja ditinggalkan oleh penambang karena sangat keras sehingga sulit ditambang.

Keberadaan batu membuat pemandangan di tempat tersebut semakin eksotis. Batu itu akan tampak indah jika dilihat dari jarak sekitar 10 meter. Selain batu tersebut, banyak spot yang juga sangat menarik. Bekas galian yang tidak rata membuat pemandangan beragam. Lokasi itu sangat cocok dijadikan tempat swafoto.

Kepala Desa (Kades) Batuputih Daya Harno mengatakan, Wisata Bukit Kapur ramai pengunjung rata-rata Sabtu dan Minggu. Pada hari libur nasional, jumlah pengunjung juga membeludak. Selain ke Bukit Toabang, sebutan lain Bukit Kapur, wisatawan biasanya memiliki aganda ke tempat wisata lain.

Wisata Bukit Toabang, jelas Harno, dijadikan satu paket oleh wisatawan dengan tiga wisata alam yang satu jalur di wilayah pantura. Yakni, di sisi barat ada Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk. Sementara di sisi timur ada Pantai Badur, Kecamatan Batuputih. Lebih ke timur terdapat lokasi wisata andalan Madura, Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang.

Ketiga lokasi ini berada di satu jalur di wilayah pantura Sumenep. ”Kami segera benahi dan rembuk bersama tokoh masyarakat mengenai desain pengembangan aset wisata ini. Tentu dengan tetap menjaga kearifan lokal dan menunjang ekonomi warga sekitar,” ucap Kades jebolan pesantren itu.

Berkunjung ke lokasi tersebut juga tidak membuat kantong bolong. Wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Sebab, untuk sementara pengunjung tidak ditarik bayaran. Wisatawan hanya dibebani biaya penitipan kendaraan. Yakni, Rp 3 ribu untuk satu kendaraan. (sid/han/luq)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia