Minggu, 24 Sep 2017
radarmadiun
Kota Madiun

Usia Anak Sekolah Jadi Kendala SDN Sukosari Dapat Murid

Senin, 17 Jul 2017 12:40 | editor : Budhi Prasetya

Hasil PPDB di SDN Sukosari beberapa waktu lalu

Hasil PPDB di SDN Sukosari beberapa waktu lalu (Bagas Bimantara/Radar Madiun)

MADIUN - Tidak terpenuhinya pagu siswa SD Negeri Sukosari Kota Madiun sudah terlihat sejak masa penerimaan peserta didik baru (PPDB). Ketika itu jumlah calon siswa yang mendaftar hanya satu nama. 

Kepala SDN Sukosari, Nurseha tak menampik jika pihaknya kesulitan menarik minat calon siswa untuk mendaftar di sekolah yang dipimpinnya. Padahal pihaknya sudah berusaha mati matian untuk menggaet siswa dalam tahun ajaran baru ini. 

Menurutnya, minimnya siswa yang mendaftar disebabkan beberapa faktor. Diantaranya masalah usia anak sekolah di lingkungan SDN Sukosari sangat minim. Pun, letak sekolah juga dinilainya kurang strategis. 

"Sukosari itu kan wilayahnya sempit, sebelah barat itu terpotong rel sehingga mau nyebrang juga kesulitan. Mungkin itu yang menjadi faktornya," ungkap Nurseha, Senin (17/7).

Kendati demikian, lanjut Nurseha, kegiatan belajar mengajar (KBM) pada hari pertama masuk sekolah tetap berjalan. Namun siswa baru tidak langsung mendapat pelajaran di dalam kelas, tetapi  masih masa pengenalan lingkungan (mapenaling). 

Ketiga siswa baru yakni Hafis Said Ramadhan (6), Vellysa Putri Ramadhani (7), dan Sheyla Novita Ardiany Jatmiko (7) diajak keliling  lingkungan sekolah bersama siswa kelas 2 hingga kelas 6. 

Nurseha menjelaskan kegiatan mapenaling dilaksanakan tiga hari, Senin (17/7) hingga Rabu (19/7). Sementara kegiatan efektif kegiatan belajar mengajar baru efektif dilaksanakan hari Kamis (20/7).

(mn/her/sib/JPR)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia