Kamis, 21 Sep 2017
radarmadiun
Hukum & Kriminal

Mengaku Anggota Kodam, Kuli Bangunan Diringkus Personil Koramil

Rabu, 12 Jul 2017 10:38 | editor : Budhi Prasetya

Andik Priawan (sikap hormat) saat diamankan di Makoramil  Paron lantaran kedapatan menyaru menjadi anggota TNI dari kodam V Brawijaya. 

Andik Priawan (sikap hormat) saat diamankan di Makoramil  Paron lantaran kedapatan menyaru menjadi anggota TNI dari kodam V Brawijaya.  (WS Hendro/Radar Ngawi )

NGAWI – Hanya gara - gara terobsesi jadi anggota TNI, Andik Priawan nekat menyaru sebagai tentara. Warga Kampung Baru, Plandaan, Kabupaten Jombang ini mengaku sebagi anggota Kodam V Brawijaya berpangkat sersan kepala (serka). 

Ulah 'TNI' abal - abal itu berhasil diungkap anggota Koramil Paron, Ngawi. Ini setelah petugas curiga dengan gaya bicaranya yang kurang meyakinkan, dan sikapnya tidak mencerminkan laiknya anggota TNI sungguhan. 

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Ngawi,  penangkapan Andik bermula dari kedatangannya ke rumah Dul Rahman di Desa Semen, Kecamatan Paron pada hari Senin (10/7). 

Kepada keluarga, rekan dan tetangga rekannya itu, Andik mengaku sebagai anggota TNI aktif di kodam V Brawijaya. Dirinya sengaja bercerita panjang lebar untuk meyakinkan  lawan bicaranya. Sayang, rencannya tak semulus harapan.  

‘’Awalnya diajak kenalan, dan mengaku sebagai anggota TNI. Karena segi postur dan  gaya bicara tidak seperti anggota TNI, warga curiga dan melaporkan ke petugas piket kami, ‘’ ungkap Komandan Rayon Militer 0805/02 Paron, Kapten ARH Sukantri.  

Mendapatkan laporan tersebut, Sertu Eko Prayitno dan Serda Dwiyanto mendatangi rumah Dul Rohman sekitar pukul 07.00 Wib Selasa (11/7). Saat bertemu dengan Andik Priawan, keduanya pun melakukan interogasi.

Karena tidak tahu banyak perihal kesatuan di TNI, tanpa banyak kompromi, keduanya langsung membawa pria 32 itu ke Koramil Paron. ‘’Saat diinterograsi tentang kepangkatan dan lainnya ternyata tidak bisa menjawab, akhirnya diamankan di mako,‘’ imbuhnya.

Dul Rohman teman Andik mengaku sempat curiga dengan rekannya itu. Sebab, Andik pernah sama-sama bekerja sebagai kuli di proyek bangunan di Surabaya. 

Herannya, setelah sempat tidak bertemu selama beberapa bulan, dilihatnya Andik langsung berseragam TNI danberpangkat serka.  Terlebih Andik mengaku berdinas di Kodam V Brawijaya. 

‘’Kalau curiga pasti,’’ tegasnya.

(mn/odi/sib/JPR)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia