Rabu, 17 Jan 2018
radarmadiun
Magetan

Komisi A Prihatin Kekosongan Plh Kepala Bappeda Magetan

Jumat, 19 May 2017 17:59

Komisi A Prihatin Kekosongan Plh Kepala Bappeda Magetan

Karmini, Ketua Komisi A DPRD berharap kinerja Bappeda Magetan tidak terpengaruh buntut penahanan Sumarjoko yang terbelit perkara hukum (Andi Chorniawan/Radar Magetan)

MAGETAN – Sepekan lebih kantor Badan Perencanaan Pengembangan dan Penelitian Daerah (Bappeda Litbang) Magetan tak memiliki nahkoda. Ibarat perahu, dikhawatirkan Bappeda Kabupaten Magetan berlayar tanpa arah. 

Itu seiring kekosongan pelaksana harian (Plh) kepala satker tersebut sebagai pengganti sementara Sumarjoko pascaditahan sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) pengadaan sepatu PNS. Kondisi tersebut membuat kalangan dewan gusar. 

‘’Kami sebetulnya prihatin dengan kekosongan itu. Tapi, jangan sampai karena orangnya ditahan, lalu kerjanya mandek,’’ ujar Karmini, ketua Komisi A DPRD, kepada Jawa Pos Radar Magetan, Kamis (18/5). 

Karmini mengungkapkan, sejak Sumarjoko ditetapkan sebagai tersangka 10 Maret lalu sejumlah program kerja bappeda litbang tersendat. Pengambilan keputusan pun tidak bisa dilakukan lantaran posisi kepala satkernya kosong. 

‘’Kami pun belum bisa ambil sikap karena tidak ada pihak yang bisa diajak berkoordinasi,’’ sebutnya. 

Dia mendesak eksekutif segera bergerak mencari figur pengganti Sumarjoko sebagai Plh bappeda litbang. Sebab, jika dibiarkan berlarut, kinerja satker itu maupun pihak-pihak terkait terganggu. 

Pun dia menyebut sudah ada beberapa pihak yang melapor mengalami kendala akibat posisi kepala bappeda litbang kosong. Terlebih, saat ini sudah mendekati perubahan anggaran keuangan (PAK). 

‘’Kami akan koordinasi dengan BKD. Jangan sampai bappeda litbang dibiarkan kosong,’’ tuturnya. 

Disinggung soal tiga nama yang diusulkan sebagai Plh, politikus Partai PDI Perjuangan itu menyerahkan sepenuhnya kepada eksekutif. Pun dia memastikan bupati memiliki pertimbangan sendiri untuk menentukan Plh bappeda litbang.

Sementara itu, Bupati Sumantri menegaskan bappeda litbang tidak akan dibiarkan kosong. Saat ini dirinya masih mempertimbangkan figur yang tepat untuk menjadi Plh bappeda litbang. Meski begitu, dia menyebut tiga nama yang diusulkan BKD belum tentu disetujuinya. 

‘’Lihat dulu orangnya. Kalau saya tidak sreg dengan yang diusulkan, ya bisa dari yang lainnya,’’ paparnya. (cor/isd/jprm)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia