Rabu, 17 Jan 2018
radarmadiun
Lokal

Ajang Pembuktian Pemain Lapis Kedua

MPFC Uji Coba Lawan PS Inka

Rabu, 17 May 2017 16:00

Ajang Pembuktian Pemain Lapis Kedua

Meski jarang dimainkan sebagai starter kualitas Mahardika Fajar, gelandang serang MPFC, tak kalah dengan pemain utama. (Bagas Bimantara/Radar Madiun)

MADIUN – Skuad lapis kedua Madiun Putra berkesempatan unjuk gigi. Coach Sartono Anwar sengaja menjajal kemampuan mereka dengan menantang PS Inka, salah satu klub internal Asosiasi PSSI Kota Madiun dalam laga uji coba di Stadion Wilis Rabu sore ini (16/5). 

‘’Biar kemampuannya tidak kalah dengan teman-teman lain (pemain inti, Red),’’ kata Opa Sartono kepada Jawa Pos Radar Madiun, Selasa (15/5).

Sartono ingin menambah menit bermain sejumlah pemain. Nama-nama seperti Alfian Roby Sanjaya, Mahardika Fajar, Nanang Wahyudi, S. Pabe, Nugroho Supriyanto, hingga penjaga gawang Wiyadi bakal mendapat prioritas untuk diturunkan. 

‘’Agar mereka ada sentuhan-sentuhan. Kalau mereka sama sekali tidak main, khawatirnya nanti tertinggal dengan yang lain,’’ ujar pelatih kawakan asal Semarang itu.

Sebagaimana diketahui, sampai pekan ke-4 Liga 2, Sartono Anwar memang jarang mengutak-atik skuad utamanya. Terutama di barisan belakang yang dihuni trio ASA: Ari Ardianto, Slamet Harmoko, dan Ambite Dolus Cahyana. 

Sinyal bahaya bisa saja muncul bila salah satu di antara mereka ada yang absen karena cedera atau akumulasi kartu kuning. Di luar posisi itu, Sartono bahkan beberapa kali melakukan eksperimen. 

Saat lawan PSIM Jogjakarta Jumat lalu (12/5) misalnya. Mantan pelatih Pusamania Borneo FC itu sempat menempatkan Arfan Ari Wijaya dan Arif Frahmana sebagai starter di posisi gelandang. 

Sedangkan lini depan menduetkan langsung Felix Randongkir dengan Purniawan. Nanang Wahyudi saat itu sedang diistirahatkan.  

Meski berlabel laga uji coba terbuka, pertandingan kontra PS Inka selalu terasa berbeda bagi Madiun Putra. Sebab, pada pramusim lalu Blue Force hanya berhasil unggul tipis 1-0 sebelum pertandingan terpaksa dihentikan karena hujan lebat. 

‘’Pelatih sengaja memberi kesempatan pemain pelapis untuk merasakan tekanan dalam bertanding. Dengan begitu, mereka bisa semakin matang,’’ imbuh manajer Madiun Putra Widodo.

Penampilan para pemain lapis kedua menurutnya harus ditingkatkan agar setara dengan pemain utama. Dengan begitu, kekuatan tim bisa tetap stabil dalam mengarungi sisa pertandingan di kompetisi Liga 2 musim ini. 

‘’Di samping itu untuk meningkatkan performa para pemain lapis kedua. Mereka bisa merasakan atmosfer pertandingan,’’ terangnya.

Widodo berharap para pemain lapis dua yang bakal diturunkan oleh coach Sartono Anwar memaksimalkan kesempatan dalam laga uji coba tersebut. Sebab, manajemen menilai rotasi tim begitu penting untuk menjaga kebugaran para pemain. 

‘’Jadi, ini semata-mata demi kematangan permainan dan kerja sama tim,’’ paparnya.

Berbicara rencana manajemen untuk mendatangkan pemain baru pascajeda kompetisi, Widodo masih merundingkannya dengan pelatih. Namun, dia meminta agar semua skuad yang ada saat ini bisa dimaksimalkan sementara waktu. 

‘’Kami sudah ada rencana ke sana (menambah pemain, Red). Tapi itu nanti ketika akan memasuki putaran kedua kompetisi,’’ jelasnya. (her/ota/jprm)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia