Rabu, 17 Jan 2018
radarmadiun
Ngawi

Warga Binaan Juga Ikut Ujian

Selasa, 16 May 2017 20:30

Warga Binaan Juga Ikut Ujian

Warga binaan lapas Klas IIB Ngawi saat mengikuti ujian paket A, Senin (15/5) sore (WS Hendro/Radar Madiun)

NGAWI - Tembok Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas II B Ngawi tidak menjadi halangan warga binaan mengikuti ujian. Setidaknya 10 siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman mengikuti ujian di dalam lapas. 

‘’ Pesertanya 10 orang, usianya 28 tahun sampai 51, tapi mereka tetap semangat,’’ terang  Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Narapidana (Napi) Lapas Kelas II B Ngawi Mas Indra Prawoto.

Indra-sapaan Mas Indra Prawoto mengatakan  ujian kesetaraan tingkat SD alias paket A itu berlangsung pukul 14.00 dan selesai 15.30. mereka diawasi pengajar PKBM tersebut. Selain, seorang petugas dari Lapas ikut menjaga di ruangan. 

‘’Pelajarannya sama, kurikulumnya sama, jumlah soal juga sama,’’ tambahnya 

Sebenarnya, lanjut Indra, 30 warga binaan ingin mengikuti PKBM itu. Namun lantaran keterbatasan keuangan, memaksa pihak lapas tidak bisa menambah jumlah peserta ujian. Selama ini pendanaan didapatkan dari swadaya yayasan. 

‘’Semua yang belajar di sini (PKBM Pengayoman) gratis, tapi semakin banyak peserta biaya operasionalnya makin berat,’’ tambahnya.

Dia menambahkan, sebelumnya 35 siswa paket B dan 64 paket C juga mengikuti unas. Namun ujian yang diikuti siswa setara SMP dan SMA itu masih menganut sistem UNKP (ujian nasional kertas dan pensil). 

‘’Pengumumannya mungkin sekitar September nanti,’’ tambahnya. 

Marno, Penilik dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPT) Dindik di Kecamatan Ngawi mengungkapkan ada 47 siswa peserta paket A, dan 549 peserta paket B, dan 879 paket C se kabupaten Ngawi. 

‘’Ijazahnya sama seperti yang lain,’’ pungkasnya. (ian/pra/jprm)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia