Rabu, 17 Jan 2018
radarmadiun
Nasional

Angin Kencang Jadi Perhatian Opa Sartono

Menjelang Laga Tandang di Stadion Loka Jaya Tuban

Selasa, 16 May 2017 16:50

Angin Kencang Jadi Perhatian Opa Sartono

Ambite Dolus Cahyana, benteng terakhir Madiun Putra dalam menahan gempuran lawan. (Bagas Bimantara/Radar Madiun)

MADIUN – Sebagai pelatih kawakan, tentunya Sartono Anwar memiliki banyak pertimbangan dalam menentukan taktik yang bakal dimainkan anak asuhnya. Selain kualitas pemain lawan, kondisi stadion juga masuk perhitungannya. 

Kencangnya angin di Stadion Loka Jaya jadi salah satu faktor yang diperhatikan Opa Sartono-panggilan akrabnya- dalam meramu strategi. Pun, kondisi lapangan stadion yang bagus membuatnya mewanti - wanti anak asuhnya untuk cepat beradaptasi. 

Dirinya tidak ingin permainan Asmar Abu dkk terpengaruh oleh faktor non teknis tersebut saat melawan Persatu dalam lawatannya Kabupaten Tuban, Sabtu mendatang (19/5). 

Pelatih Madiun Putra Sartono Anwar sudah memimpin latihan terbuka di Stadion Wilis, Senin(15/5) kemarin. Ada perubahan signifikan dari taktik yang dipakai. 

Opa Sartono lebih memilih serangan dari sektor sayap. Padahal, berdasarkan catatan sampai pekan ke-4, para penggawa Blue Force lebih dominan menyerang dari lini tengah. 

Taktik anyar tersebut rupanya ada sisi baiknya. Ciri khas permainan Madiun Putra yang selama ini mengandalkan long pass sudah pasti berganti dengan umpan pendek. 

Pola serangan mengalir dari kaki Asmar Abu dan Tri Iswahyudi yang menjadi jenderal lapangan tengah. Ada kelebihan tentu ada kelemahan. 

Pola semacam ini diakui mudah terbaca lawan, terutama saat tim mengalami kebuntuan mencetak gol. 

‘’Karena itu, kami coba latihan serangan melalui sayap,’’ kata Opa Sartono saat ditemui usai latihan terbuka di Stadion Wilis.

Opa Sartono mengakui permainan Laskar Ronggolawe –julukan Persatu- semakin berkembang. Itu setelah tim asal Tuban  tersebut berhasil menahan imbang tuan rumah Persinga Ngawi pada laga Minggu lalu (13/5). 

‘’Semua pemain harus diperhatikan,’’ tegas pelatih kawakan asal Semarang itu.

Selain mempersiapkan diri jelang laga lawan Persatu, Sartono rencananya juga akan menggeber kemampuan para pemain lapis kedua Madiun Putra. Mereka bakal diturunkan dalam latih tanding melawan PS Inka, Rabu besok (17/5). 

Di samping menambah jam terbang para pemain cadangan, Sartono juga ingin melihat perkembangan kemampuan pemain. 

‘’Supaya mereka tidak kehilangan sentuhan-sentuhan dalam bermain. Kalau sampai mereka tidak pernah main, bisa ketinggalan dengan teman-temannya,’’ jelasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan kemarin, il capitano (kapten tim) Asmar Abu kembali berlatih terpisah dengan para pemain lain. Sebagaimana diketahui, otot betis kaki kirinya mengalami cedera ketika lawan PSIM Jogjakarta Jumat lalu (12/5). (her/ota/jprm)   

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia