Rabu, 17 Jan 2018
radarmadiun
Ngawi

Tidak Hanya Bencana, Cuaca Ekstrem juga Rusakkan Lampu Bangjo

Jumat, 12 May 2017 12:30

Tidak Hanya Bencana, Cuaca Ekstrem juga Rusakkan Lampu Bangjo

Traffic light perempatan Desa Karangmojo, Kartoharjo padam Kamis (11/5) siang (Andi Chorniawan/Radar Magetan)

MAGETAN – Kerusakan lampu traffic light di perempatan Desa Karangmojo, Kartoharjo, tepatnya sebelah barat SPBU dikeluhkan warga dan pengguna jalan. Maklum, jalur tersebut menjadi jalur alternatif ke Kabupaten Ngawi dan Madiun. 

Padamnya lampu bangjo tersebut membuat kondisi arus lalu lintas semrawut lantaran sejumlah kendaraan saling berebut jalur. Khususnya dari arah barat menuju ke Desa Gunungan yang menjadi jalur ratusan dump truck melintas. 

‘’Sudah ada dua minggu tidak berfungsi,’’ ungkap Dodik Setiono, warga setempat, Kamis (11/5). 

Dodik menuturkan jika selama ini dirinya belum melihat ada petugas yang melakukan perbaikan meski kondisi lalu lintas cukup crowded. Padahal, jalur di persimpangan itu tergolong ramai kendaraan. Terlebih pada jam berangkat sekolah dan ngantor. 

Sementara itu, Kabid Ketertiban Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan Untoro mengakui sudah mendapat laporan seputar padamnya lampu bangjo tersebut. Hasil pengecekan, kata dia, tidak ditemukan adanya kendala pada komponen traffic light. 

Semuanya komponen berfungsi normal. Dia menduga kerusakan terjadi karena mini circuit breaker (MCB) PLN yang terpasang tidak berfungsi normal. Ketika ditekan switch on, mendadak langsung mati. 

‘’Kami akan koordinasi dengan PLN terkait hal ini,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Magetan.

Kenapa padamnya traffic light baru terpantau? Untoro menyebut terkendala wilayah yang luas. Pihaknya tidak bisa melakukan pengecekan satu persatu. Sejauh ini hanya mengandalkan laporan warga. 

‘’Cukup banyak lampu bangjo yang ngadat. Kali ini kebanyakan karena pengaruh cuaca ekstrem,’’ jelasnya. (cor/isd/jprm)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia