Rabu, 17 Jan 2018
radarmadiun
Magetan

Hujan 10 Jam, Satu Rumah Diterjang Longsor

Selasa, 04 Oct 2016 19:30

Hujan 10 Jam, Satu Rumah Diterjang Longsor

Anggota Polri, TNI, BPBD Magetan bersama warga membuat tanggul darurat di rumah milik Mujiyem di Desa Poncol. (Loditya Fernandez/Jawa Pos Radar Lawu )

JawaPosRadarMadiun.com – Satu rumah di Desa Alastuwo Kecamatan Poncol, Magetan diterjang longsor. Bangunan rumah berlantai dua milik Mujiyem, 50, itu balkon lantai dua nyaris roboh akibat terjangan material tanah dan batu.

Informasi yang dihimpun, kejadian itu pada Minggu (2/10) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Awalnya Mujiyem dan kelurganya bersantai di ruang depan. Saat itu, kawasan Desa Alastuwo diguyur hujan deras disertai angin. 

Mendadak muncul suara gemuruh. Saat dicek di bagian teras rumahnya sudah dipenuhi material longsor dari tebing setinggi 4 meter. Lokasi tebing memang persis di depan rumahnya. 

‘’Longsoran sampai masuk teras dan dua tiang sampai hancur,‘’ ujar Mujiyem.

Meski tak ada korban luka, rumah Mujiyem mengalami kerusakan. Balkon lantai dua miliknya nyaris roboh. Pasalnya, dua tiang penyangga ambrol. Untuk mencegah roboh, tiang penyangga tersebut sementara diberi kayu. 

‘’Sementara yang di-ganjel kayu supaya tidak ambrol,‘’ imbuhnya.

Terpisah, Kapolsek Poncol AKP Sukarno mengatakan bencana longsor tersebut akibat hujan deras yang terjadi dengan jangka waktu yang lama. Kurang lebih sekitar 10 jam di kawasan Poncol. Akibatnya, tanah dilokasi tebing tersebut labil. 

‘’Diduga kuat bencana longsor ini akibat hujan lebat dengan durasi lama,‘’ jelasnya.

Usai kejadian tersebut, petugas TNI dan Polri serta BPBD Magetan bersama warga melakukan evakuasi. Mereka gotong royong membersihkan material longsoran. (odi/ota/jprm)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia