Rabu, 17 Jan 2018
radarmadiun
Ekbis

Fantastis, Uang TKI Rp 18,7 Miliar

Senin, 11 Jul 2016 15:13

Fantastis, Uang TKI Rp 18,7 Miliar

Puluhan nasabah BNI Cabang Madiun saat mengantre untuk mengambil kiriman uang. (Bani Nur Usman/Radar Madiun)

MADIUN – Uang beredar pada momen Lebaran sungguh fantastis. Dari remittance atau kiriman uang dari luar negeri yang masuk BNI Kota Madiun saja, selama 6 hingga 27 Juni 2016 mencapai Rp 18,7 miliar. 

‘’Naik tiga kali lipat dibanding hari-hari biasa,’’ ungkap Gunawan Teguh Prasetyo, Pemimpin Bidang Pembinaan Layanan BNI Cabang Madiun, Minggu (10/7).

Gunawan merinci, nominal remittance bervariasi, mulai Rp 3 juta hingga Rp 40 juta. 

‘’Ada yang dari Timur Tengah seperti Arab Saudi, Abu Dhabi, dan Kuwait. Ada juga yang dari Jepang, Amerika Serikat, Hongkong, Singapura, Taiwan dan beberapa negara kantong TKI lainnya,’’ katanya. 

Miliaran remittance tersebut, kata dia, mayoritas dari TKI asal Kabupaten Madiun. 

Disusul Magetan dan Ngawi. Sedangkan Kota Madiun menempati urutan paling buncit. 

’’Kota Madiun hanya sedikit, paling banyak dari kabupaten,’’ tutur Gunawan.

Dia menyebut satu hingga dua hari pasca pengiriman, remittance biasanya langsung diambil untuk kebutuhan Lebaran. 

‘’Kiriman di bawah Rp 5 juta dapat diambil di mesin ATM (anjungan tunai mandiri, Red),’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Madiun.

Menurut dia, tingginya remittance tidak terlepas dari terobosan BNI memperluas jangkauan nasabah dengan mendirikan kantor cabang di negara-negara kantong TKI. 

‘’Jadi, TKI tidak lagi kesulitan mengirim uang ke keluarganya di tanah air,’’ terang pria asal Banyumas, Jawa Tengah, itu.

Kenaikan transaksi remittance juga terjadi di BRI Cabang Madiun. Hanya saja, pihak bank belum bisa menyebut nominalnya lantaran terbentur cuti Lebaran. 

‘’Yang pasti ada kenaikan, tapi berapa jumlahnya kami belum bisa memastikan,’’ ucap Kepala BRI Cabang Madiun Narto Laksono. (rgl/isd/jprm)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia