Minggu, 18 Feb 2018
radarkudus
icon featured
Politik

KPU Kudus: Baru Dua Calon Lakukan Perbaikan Syarat

Toleransi Waktu Tinggal Hari Ini dan Besok

Jumat, 19 Jan 2018 10:43 | editor : Ali Mustofa

DIPERBAIKI: Ketua KPU Kudus menerima perbaikan syarat pencalonan dan calon dari timses Hartoyo-Junaidi kemarin.

DIPERBAIKI: Ketua KPU Kudus menerima perbaikan syarat pencalonan dan calon dari timses Hartoyo-Junaidi kemarin. (AGUS SULISTIYANTO/RADAR KUDUS)

KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus mulai membuka masa perbaikan syarat calon yang kurang. Ada dua tim sukses yang datang melakukan perbaikan syarat. Sedangkan tim lain kemungkinan akan melakukannya hari ini atau besok.

Kedua tim sukses yang melengkapi berkas syarat calon dan pencalonan, yakni Sri Hartini-Setia Budi Wibowo dan Nor Hartoyo-Junaidi. "Kami terima syarat pengajuannya dan kami akan lakukan verifikasi administrasi," kata Ketua KPU Kudus Moh Khanafi kemarin.

Untuk tim sukses Harjuna, selain syarat calon juga memperbaiki syarat pencalonan. Karena syarat minimal dukungan saat diversifikasi faktual ternyata tidak memenuhi syarat. Yakni di bawah 45.323 dukungan. Artinya harus ada perbaikan dua kali lipat dari kekurangan. Data perbaikan Harjuna langsung dicek dan dipantau, termasuk di silon.

Paslon perseorangan Harjuna masih kurang 8.656 dukungan, karena syarat perbaikan kekurangan syarat dukungan perseorangan harus dua kali lipat. Saat awal diverifikasi masih kurang 4.328 dukungan. Namun di sistem aplikasi pencalonan (silon) terpantau sebanyak 12.358 dukungan. Untuk memastikannya, pihaknya perlu melakukan pencocokan atau melihat berkas fisiknya.

Ketika bukti fisiknya sudah bisa mencapai 8.656 dukungan, maka KPU akan menerimanya dan akan melakukan verifikasi lagi. "Sebelum 12 Februari atau penetapan calon akan kami selesaikan," tegasnya.

Selain timses Harjuna, timses Hartini-Bowo juga melakukan perbaikan syarat calon. Karena ada syarat calon yang belum lengkap, untuk syarat pencalonan sudah beres karena sudah mengantongi sepuluh kursi DPRD Kudus.

Untuk Sri Hartini sebelumnya ada kekurangan tiga syarat. Sementara untuk Setia Budi Wibowo ada kekurangan enam syarat calon. Syarat calon yang dilengkapi antara lain, laporan hasil kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), surat keterangan tidak dicabut hak politiknya, dan surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit.

Ketua Timses Harjuna Habib Murtadho mengatakan, KPU memang mensyaratkan sebanyak 8.656 dukungan. Namun kami menyiapkan 12.358 dukungan. Pihaknya kini tinggal menunggu verifikasi faktual dari KPU Kudus.

(ks/lis/lil/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia