Rabu, 17 Jan 2018
radarkudus
icon featured
Hukum & Kriminal

Polres Grobogan Tangkap Perampas Truk dari Lumajang

Rabu, 13 Dec 2017 13:15 | editor : Ali Mustofa

AKHIR DARI PELARIAN: Pelaku pencurian truk (kanan) dan satu unit truk dari Kabupaten Lumajang berhasil dibekuk di Kecamatan Gubug oleh Polres Grobogan kemarin malam.

AKHIR DARI PELARIAN: Pelaku pencurian truk (kanan) dan satu unit truk dari Kabupaten Lumajang berhasil dibekuk di Kecamatan Gubug oleh Polres Grobogan kemarin malam. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

GROBOGAN – Satreskrim dan Resmob Polres Grobogan berhasil membekuk pelaku perampasan truk dam dari Kabupaten Lumajang saat melintas di Kecamatan Gubug, Grobogan, kemarin malam. Truk curian dengan cat hijau bernomor polisi (nopol) P 9382 UZ itu, dirampas serta dikemudian oleh tersangka Budi Nugroho, 38, warga Desa Wonosari, Kecamatan Trucuk, Klaten.

Truk tersebut milik Agus, 40, warga Kelurahan/Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember. Saat kejadian, truk itu dikemudikan Ahmad Siantono, 47, warga Kelurahan/Kecamatan Kencong, Jember, untuk dibawa ke Lumajang. Saat berada di tengah jalan, truk itu dirampas oleh tersangka Budi Nugroho. Pemilik truk kemudian melaporkan ke Polres Lumajang.

Kemudian diketahui truk itu melintas ke arah Jawa Tengah. Pemilik truk melaporkan ke Polres Lumajang dan ditindaklanjuti dengan pengejaran. Truk itu diketahui akan melintas di Kabupaten Grobogan menuju Semarang. Anggota Polres Lumajang kemudian meminta bantuan Polres Grobogan untuk menghadang truk rampasan dan menangkap tersangka.

Wakapolres Grobogan Kompol I Wayan Tudy mengatakan, usai mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung melakukan tindakan dengan menghadang di perbatasan Kabupaten Grobogan. Yaitu di Kecamatan Wirosari, Geyer, dan Gubug.

”Truk dan tersangka diketahui di Gubug. Tim gabungan dari Polres Grobogan langsung mengejar dan melakukan penangkapan,” kata wakapolres didampingi Kasatreskrim AKP Suwasana kemarin.

AKP Suwasana menambahkan, saat tersangka dihadang masih nekat menerobos tim Polres Grobogan. Petugas kemudian melakukan pengejaran. Tersangka pun terpojok dan tak bisa melarikan diri. Selanjutnya pelaku keluar dari truk dan lari ke Desa/Kecamatan Gubug.

”Saat itu, petugas sudah siaga dan langsung menangkap tersangka perampasan truk itu. Tersangka langsung dibawa oleh Polres Lumajang untuk penyelidikan lebih lanjut,” terangnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Lumajang AKP Roy Aquarius mengatakan, tertangkapnya tersangka perampasan truk beserta barang bukti ini, berkat kerja sama dengan Polres Grobogan. Sehingga barang bukti truk dan tersangka bisa diamankan.

”Menurut keterangan tersangka, motif perampasan truk ini, pelaku memberikan kopi yang sudah diberikan obat bius kepada sopir. Sopir truk kemudian dibuang di jalan sebelum masuk tol Porong,” terangnya.

Pelaku melakukan perbuatan ini karena motif ekonomi. ”Kasus ini masih tahap penyelidikan lebih lanjut dan akan dikembangkan. Karena kemungkinan ada tersangka lain,” imbuhnya. 

(ks/mun/lin/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia