Sabtu, 20 Jan 2018
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Berkat Karate, Lolos Jadi Kowad

Sabtu, 09 Dec 2017 10:07 | editor : Ali Mustofa

Serda Desi Susanti

Serda Desi Susanti (DOK PRIBADI)

MENJADI komando wanita angkatan darat (kowad) bukanlah cita-cita Serda Desi Susanti sejak kecil. Sehingga setelah lulus kuliah, tidak ada persiapan apapun dalam mendaftarkan dirinya di sana.

”Sebelumnya saya seorang atlet karate. Saat itu saya bertanding karate dalam kejuaraan PON Jabar 2016 silam. Setelah saya tanding ada seseorang yang menawarkan saya mau tidak bergabung di angkatan darat. Kalau mau diminta mendaftar di Kodam karena ada rekrutmen atlet,” ungkapnya.

Sehingga ia mendaftar kowad karena prestasinya di bidang karate. ”Saya tidak ada persiapan apapun untuk mendaftar saat itu. Saya ada yang menawarkan itu, seketika saya mendaftar sebab banyaknya dukungan dari keluarga hingga kerabat,” kata alumni SMAN 1 Purwodadi ini.

Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya alumni SMPN 3 Purwodadi ini mendaftarkan diri di Kodam IV/Diponegoro. Ia melalui beberapa tes hingga akhirnya lolos mengikut tes pusat di Secapa Bandung.

Selama 14 hari tes, Desi hanya berbekal kepercayaan diri. Sebab banyak hal yang belum ia ketahui. ”Saya engga tau tes mental ideologi, psikotes, tes kesahatan dan tes fisik itu seperti apa saja. Namun saya ikuti semua proses dengan semangat,” terangnya.

Ia pun sempat pesimistis karena tidak bisa berenang sedangkan ada tes renang 50 meter. ”Baju renang yang saya pakai ini  baru beli dan yang belikan budhe, khusus buat tes renang. Masak saya enggak semangat. Bermodalkan nekat akhirnya bisa melalui meski hanya sampai 43 meter,” imbuh gadis kelahiran Grobogan 23 Desember 1996 ini.

Akhirnya saat pengumuman namanya di panggil tersendiri di ruang aula dan menyatakan ia lolos. Sehingga sore itu juga ia langsung berangkat pendidikan. Keberhasilannya itu berkat kepercayaan diri dan semangatnya untuk bisa melalui berbagai seleksi tersebut. 

(ks/int/zen/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia